Hampir seluruh orang di belahan bumi manapun dapat dipastikan tidak ada yang tidak menyukai musik, tidak ada yang sama sekali tidak pernah mendengarkan musik klasik dasar. Meskipun selera masing-masing pribadi itu berbeda, tapi musik memang mewarnai seluruh dunia dengan keunikan dan kekhasan yang dimilikinya. Bukan hanya itu, selain musik yang memiliki bermacam-macam genre ada pula musik yang diciptakan secara khusus dengan alunan yang khas dari sebuah adat atau kesenian pada daerah-daerah tertentu.

Inilah yang membuat musik banyak disukai karena banyak jenis yang bisa dipilih. Kemajuan zaman yang saat ini juga tidak bisa dipungkiri lagi, membuat musik hampir menjadi sebuah kebutuhan di masyarakat. Banyak orang yang menyukai musik terkadang dikarenakan lirik yang ada di dalamnya yang menggambarkan perasaan seseorang. Namun sebelum adanya musik dengan kualitas seperti itu, semuanya berawal dari musik klasik yang merupakan karya besar dari orang-orang terdahulu. Musik tersebut adalah musik klasik.

Musik klasik merupakan musik yang tercipta pertama kali di dunia yang membawa perkembangan baru pada dunia seni khususnya dunia permusikan. Jika ditilik lebih dalam lagi, musik klasik memang hanya tersusun dari nada-nada yang dihasilkan beberapa alat musik seperti biola, piano,  cella, harpsicord, hingga brass. Nada yang dihasilkan ini lah yang membuat musik ini berbeda. musik klasik sendiri memang hanya terdiri dari nada-nada yang membuatnya indah tanpa ada lirik di dalamnya.

Namun inilah yang membuat sebuah musik klasik banyak diminati kala itu, karena akan menenangkan siapapun yang mendengarkannya. Dahulu, fungsi musik terutama musik klasik adalah untuk kegiatan yang bernuansa keagamaan. Jadi hanya dimainkan dan diperdengarkan pada saat-saat tertentu, sehingga musik ini bisa digolongkan musik yang spesial dan mengantung nilai spiritual yang tinggi dibandingkan dengan musik-musik yang ada pada masa sekarang ini. Awal mula musik ini berkembang adalah nada yang dimainkan belum serumit pada musik yang dimainkan saat ini.

Musik Klasik Dasar

Hal ini dikenal dengan monophonic yaitu musik yang menggunakan ritme tunggal. Seperti yang disampaikan sebelumnya, musik ini hanya menggunakan alat musik tertentu yang tidak sebanyak macam musik yang ada pada saat ini. Perkembangan musik klasik sendiri juga dipengaruhi oleh perkembangan pola pikir masyarakat jaman dahulu khususnya di Eropa, yang pastinya berbeda dengan yang ada pada saat ini.

Musik klasik dulunya juga memiliki aliran yang menunjukkan sebuah tema romantik, hal inilah yang membuat musik klasik secara keseluruhan memiliki tema yang sama. Namun, jika dilihat lebih dalam lagi perkembangan musik klasik dunia sebenarnya juga bergantung atau dipengaruhi oleh kebangsaan yang dimiliki komposer atau pencipta musik klasik tersebut.

Tokoh-tokoh musik klasik yang wajib anda ketahui yang pertama adalah Franz Joseph Haydn yang merupakan komposer yang ada di australia. Kemudian ada Schubert atau Franz Schubert dengan kebangsaan Austrianya, Ludwig van Beethoven yang merupakan komponis musik klasik yang berasal dari Jerman dan memang sudah terkenal terutama di kalangan pecinta musik klasik.

Dan mungkin yang sudah sering anda dengar dan sudah tidak asing lagi hingga saat ini adalah seorang komponis yang bernama Wolfgang Amadeus Mozart. Keberadaan Mozart memang memiliki pengaruh yang cukup besar terutama pada perkembangan di dunia musik klasik. Jika anda penasaran, cobalah untuk mendengarkannya walaupun hanya satu kali dan dijamin anda bisa merasakan keindahan dari musik klasik ini.

Spread the love