Selama ini kamu tentu sudah sering mendengar tentang berbagai manfaat musik klasik, misalnya saja untuk janin dalam kandungan, untuk memperbaiki masalah emosional, dan juga untuk kesehatan. Tapi pernahkah kamu mendengar informasi yang menyebutkan bahwa musik klasik bisa membuat tanaman tumbuh lebih cepat? Hal ini ternyata bukan hanya hoax. Sebab sudah banyak penelitian yang dilakukan dan memang terbukti bahwa musik klasik bisa membuat tanaman tumbuh lebih cepat.

Penelitian ini biasanya dilakukan oleh para mahasiswa maupun ilmuwan yang menggiati bidang science, di mana mereka akan memutarkan beberapa jenis musik terhadap sekelompok tanaman. Sebagian besar dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa tanaman yang diperdengarkan musik klasik memang bisa tumbuh lebih tinggi dan tidak mengalami perlambatan pertumbuhan sama sekali. Kenapa bisa begitu?

Sebuah penelitian di tahun 1973 yang dilakukan Dorothy Retallack, membuktikan bahwa memperdengarkan musik klasik melalui speaker kepada sekelompok tanaman dengan jenis yang sama setiap hari bisa membuat mereka tumbuh jauh lebih cepat dibandingkan tanaman yang tidak diperdengarkan musik sama sekali.

Hal ini diduga disebabkan oleh melodi dari musik klasik yang sangat indah dan menenangkan sehingga bisa mengoptimalkan pertumbuhan pada tanamana yang merupakan makhluk hidup. Meski tidak memiliki otak seperti hewan atau manusia, namun diketahui bahwa tanaman yang bisa tumbuh lebih baik jika ada stimulasi dari lingkungan sekitarnya.

Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa sisi tenang dan alunan harmoni yang merdu dari musik klasik bisa menjadikan tanaman tumbuh lebih cepat. Uniknya, saat diperdengarkan musik klasik melalui sebuah speaker, tanaman-tanaman tersebut seolah mencari sumber suara dan mereka tumbuh condong ke arah speaker tersebut.

Tanaman dengarin musik

Dalam jangka waktu 2 minggu, tanaman yang diperdengarkan musik klasik terdengar lebih rimbun dan sehat, dibandingkan dengan tanaman yang tidak diperdengarkan musik. Sedangkan di ruangan lain, di mana tanaman diperdengarkan musik rock, tanaman bisa tumbuh tinggi namun sangat kurus dan beberapa cabangnya terlihat menggantung dengan lesu.

Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa tanaman yang diperdengarkan musik klasik dengan lebih banyak sisi natural, akan bisa tumbuh lebih cepat. Misalnya saja suara hujan, suara angin, atau suara kicauan burung bisa membuat tanaman tumbuh jauh lebih cepat dan lebih sehat. Hal ini diperkirakan karena tanaman memiliki insting mengenai lokasi ideal bagi mereka untuk tumbuh. Jadi saat mendengar suara-suara natural yang menggambarkan keindahan alam, mereka pun terstimulasi untuk tumbuh lebih baik dan sehat.

Nah, kini kamu tahu kan, kalau memperdengarkan musik klasik ke tanaman benar-benar bisa membuatnya tumbuh pesat? Kamu juga bisa mencobanya sendiri di rumah dengan rutin memperdengarkan musik klasik melalui speaker.

Tapi tetap saja, musik klasik tidak akan bisa membuat tanaman tumbuh sehat tanpa adanya dukungan dari perawatan yang tepat. Selama penelitian-penelitian tersebut dilangsungkan, tanaman juga mendapatkan cukup air dan cahaya matahari serta diberi pupuk seperti halnya tanaman pada umumnya. Selamat mencoba, ya!

Spread the love