Simfoni Paling Gemilang Karya Beethoven – Bila kita berbicara tentang musik Klasik, pasti tidak lepas dari salah satu musisi legenda Ludwig Van Beethoven – karena dalam Sejarah perkembangan dari musik Klasik sendiri, pengaruh dari salah satu komponis legenda itu bisa dibilang cukup besar. Hal tersebut dibuktikan bahwa hingga kini beberapa karya dari Beethoven masih digunakan sebagai acuan para komponis baru dari berbagai negara untuk belajar dan mempelajari musik klasik. Beberapa simfoni karya Beethoven merupakan Simfoni paling gemilang yang mempengaruhi beberapa komponis pada era Setelah nya Bahkan hingga saat ini.

simfoni 3

Salah satu Simfoni karya Beethoven yang paling dikenal adalah Simfoni No. 2 dalam D mayor, op. 36. Ludwig van Beethoven atau yang lebih dikenal dunia dengan nama Beethoven saja membuat komposisi dari simfoni ini antara tahun 1801 hingga 1802. Bahkan, setetahun setelah Ia berhasil membuat komposisi tersebut, tepatnya pada tanggal 05 April 1803, Ia , pada pagelaran komposisi Simfoni tersebut pertama kali memimpin sendiri sebagai komposer dalam pagelaran yang digelar di Austria, tepatnya di gedung teater bernama Theater an der Wien di kota Wina. Posisi dari symfony 2 serta proses pembuatannya merupakan saksi dari perjuangan komponis legendaris Beethoven dengan gangguan pendengaran yang dideritanya. Diketahui, Beethoven mengidap otosklerosis yang membuat pendengaranya menurun. Hal ini sempat membuatnya putus asa yang Ia sampaikan lewat surat yang ditulisnya ketika Ia sedang menjalani perawatan bagi penyakitnya.

simfoni 3Karya gemilang dari Beethoven Selanjutnya adalah Symphony no. 3 dalam Es – mayor op. 55 atau yang juga dikenal dengan nama Eroica. Komposisi Symphony ini dimainkan untuk pertama kalinya di awal tahun 1805 atau tepatnya pada tanggal 15 Januari tahun 1805, sekitar 3 tahun setelah komposisi sebelumnya dipergelarkan untuk pertama kalinya. Namun, setahun sebelum Simfoni ini dimainkan atau dipergelarkan untuk masyarakat umum – karya dari batalkan ini telah dimainkan di istana Lobkowitz  dimana petasan kerapkali mendapatkan support secara finansial. Dinilai oleh kritikus musik pada masa itu karya Beethoven ini dinilai Sebagai karya yang secara teknik sangat rumit serta Dianggap terlalu panjang. Meskipun begitu karya Beethoven ini dinilai memiliki ide yang kuat dan berani.

Ludwig muda merupakan pendukung dari revolusi perancis yang terjadi dari tahun 1789. Hingga tahun 1799 Ia juga diketahui merupakan pengagum dari Napoleon Bonaparte. Karena hal ini lah Beethoven awalnya ingin memasukan ide yang berhubungan dengan Napoleon dalam karyanya ini meskipun pada akhirnya Ia hanya memberi judul tambahan pada karyanya menjadi simfonia eroica, ingatan untuk seorang tokoh besar.

simfoni 5

Komposisi atau Simfoni Paling Gemilang Karya Beethoven yang tidak kalah melegenda yaitu Simfoni no 5 dalam C – minor op. 67. Jika dilihat dari sejarahnya Symphony ini merupakan Simfoni Paling Gemilang Karya Beethoven yang paling lama ditulis oleh Beethoven yaitu sekitar 7 Tahun Lamanya. Nama Symphony ini bahkan tidak diberikan oleh Beethoven sendiri melainkan diberikan oleh penulis biografinya yang bernama Anton Schindler.  Simfoni nomor 5 dari Beethoven ini diberi nama dengan Symphony takdir. Symphony ini bercerita tentang kekalahan dan kemenangan, pertarungan manusia yang berlangsung selama seumur hidup. Yang diawali dengan ide dasar yaitu melalui kegelapan malam menuju cahaya – yang bermakna melalui kesulitan untuk menuju ke kemudahan atau kebahagiaan. Menurut banyak pendapat Simfoni nomor 5 dari Beethoven ini merupakan Symphony yang amat sangat populer bahkan hingga memasuki era musik modern.

Baca juga : Pengaruh Musik Klasik di Perancis !

Spread the love