Richard Wagner – Musik Klasik memiliki sejarah yang sangat panjang. Dari awal mula yang hanya sebagai musik kerohanian di gereja di beberapa daerah Eropa, musik Klasik terus dan terus berkembang menurut sejarah, ada beberapa zaman yang telah dilewati oleh musik Klasik. Diantaranya adalah zaman abad pertengahan, zaman Renaissance, zaman Barok dan rokoko. Zaman klasik, zaman Romantik, hingga zaman modern.

Berhubungan dengan topik yang akan kita bahas hari ini, Kita mulai dengan membahas sejarah musik klasik pada zaman romantis. Zaman romantis sendiri dimulai pada tahun 1820 hingga tahun 1900. Musik Klasik pada Masa ini sangat mementingkan keindahan. Namun, tidak hanya itu. Pada Masa ini, musik digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Itu lah mengapa musik pada Masa ini sangat mementingkan perasaan yang subjektif. Dari beberapa sejarah yang menulis tentang musik pada masa ini, hanya sedikit yang mencantumkan Richard Wagner dalam deretan komposer musik Klasik yang berpengaruh pada zaman ini, khususnya di Jerman. Untukitu, di sini kita akan membahas siapa itu Richard Wagner dan apa hubunganya dengan raja Ludwig II.

Richard Wagner merupakan seorang komponis musik, penulis, direktur teater dan opera, Ia juga seorang pakar teori musik. Wagner merupakan Salah satu komponis yang sangat berpengaruh di Jerman. Salah satunya dikarenakan Ia adalah salah satu komponis yang kerap melakukan inovasi – inovasi dalam musik serta dalam drama opera nya. Ia juga merupakan orang yang kontroversial – Hal ini dikarenakan ia merupakan salah satu pendukung pemikiran – pemikiran anti – semitisme . pemikiran anti – semitisme merupakan suatu prasangka terhadap kaum Yahudi akan beberapa hal, seperti penganiayaan terhadap agama, etnik, hingga kelompok ras. Nah, Wagner ini merupakan salah satu pendukung nya. Richard Wagner sendiri merupakan warga negars Jerman asli karena Ia lahir di Jerman, tepatnya pada tanggal 22 Mei 1913. Jika ditelusuri perjalanan karirnya, Richard Wagner memiliki hubungan erat dengan salah satu raja di Bavaria, adalah Raja Ludwig II dari Bavaria yang merupakan anak dari Maximilian II of Bavaria. Apa hubungan raja Bavaria dengan komposer ini?

richard wagner komposer legendaris

Menurut sejarah, sang Raja Ludwig II of Bavaria ini sangat mencintai kesenian, keindahan. Salah satunya adalah pada Pertunjukan musik dan opera. Sebelum naik tahta menjadi raja, atau tepatnya saat Masih menjadi pangeran, Ludwig II of Bavaria sangat mengidolakan karya – karya dari Richard Wagner ini. Hingga dirinya Naik tahta dan diangkat menjadi raja, Ludwig II of bavaria kian tergila-gila pada karya karya dari Richard Wagner. Hal ini dapat dibuktikan dari sejarah yang mencatat bahwa Raja Ludwig II yang kerap menonton pertunjukan private dari komponis ini.

Tercatat lebih dari ratusan kali dirinya menonton private performance dari teater Richard Wagner. Sesekali raja juga mengajak beberapa tamu. Karena sang Raja sangat lah terobsesi pada musik dan opera, Jadilah beliau banyak membantu Richard Wagner sang komponis musik favorite nya support yang diberikan sang raja mulai dari support secara finansial, hingga Pemberian status serta domisili di Swiss. Karya – karyaterbaik Wagner pun terbit. Beberapa diantaranya adalah Tristan un Isolde, Die Mistersinger dan masih banyak lagi. Melalui karya – karya nya itu, Richard Wagner menjadi legenda serta salah satu komponis yang berpengaruh pada perkembangan musik, khususnya musik Klasik.

Baca juga : Legenda Musik Klasik di Indonesia !

Spread the love