Dunia musik klasik Indonesia kini semakin merangkak naik jauh lebih berkembang dari sebelumnya. Nyawa seni musik di Indonesia sebagian besar dipegang kendali oleh anak muda pada generasi yang sedang berlangsung. Sehingga, kehadiran musik klasik dan kepopulerannya tetap dipengaruhi oleh bagaimana anak muda kini menyikapi perkembangan musik klasik. Menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi orang-orang senior yang berkicah di dunia musik klasik ketika mengetahui bahwa anak muda zaman sekarang mengembangkan musik klasik lebih pesat daripada sebelum-sebelumnya. Bahkan, kini sudah banyak ditemukan beberapa anak muda yang menngambil andil cukup besar untuk kelangsungan musik klasik Indonesia.

Kini telah ada beberapa musisi klasik muda yang membawakan musik klasik dengan baik dan membuat musik klasik menjadi lebih populer dari sebelumnya. Salah satu contohnya adalah Avip priatna yang telah mendirikan Jakarta Concert Orchestra. Avip menjadi salah satu konduktor yang sangat berbakat dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah musik kasik Internasional. Bahkan, Avip turut memegang andil dalam mengajak anak muda untuk turut menyukai musik klasik. Apalagi didukung dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup signifikan ini membuat karya musik klasik Indonesia semakin mudah untuk disebarluaskan. Bila sebelumnya salah satu kendala musik klasik Indonesia tidak begitu populer di masyarakat adalah persebaran musik yang kurang mudah dan mahalnya beberapa album musik klasik, kini halangan tersebut seolah sirna dengan mudahnya setelah ada beberapa media pemutar musik yang dapat diputar di ponsel.

avip priatna

Tidak hanya itu, keberadaan aplikasi pemutar lagu online melalui membuat masyarakat sangat mudah dalam mengonsumsi lagu terbaruĀ  tanpa mengeluarkan dompet. Dengan berbekal ponsel pintar dan sambungan internet, maka segala jenis musik dapat dinikmati secara gratis. Adanya fasilitas ini cukup membuat anak muda melek dalam perkembangan musik di Indonesia, khususnya musik klasik. Yang sebelumnya kurang mengetahui bagaimana rupa dari musik klasik, kini menjadi dapat menikmmati keberadaan musik ini dan kerap menjadikan musik klasik sebagai pengantar dalam berbagai suasana. Tidak hanya sampai disitu, kini banyak anak muda yang membuat video log dengan menggunakan latar belakang musik klasik modern. Musik klasik kerap dilibatkan dalam pembuatan video yang sarat akan makna.

aplikasi pemutar musik online

Harapannya, musik klasik akan selalu dinikmati oleh berbagai kalangan, terutama anak muda. Musik klasik perlu untuk dibudayakan karena musik ini merupakan salah satu jenis musik tertua yang pernah dirancang oleh manusia. Bukan tidak mungkin bila esok hari akan ada beberapa tokoh musik klasik terkenal yang akan mengisi sejarah perkembangan musik klasik di dunia seperti yang telah dialami Bach dan Mozart. Kini, eksistensi musik klasik kembali dikembangkan dengan kemasan yang begitu modern. Salah satu pengaplikasiannya yang patut diacungi jempol adalah musik klasik telah digunakan sebagai backsound dalam berbagai konser kelas atas di Indonesia.

Banyak musisi terkenal di negara ini yang menggunakan ararsemen musik klasik sebagai pengiring utama untuk konser yang mereka rancang, seperti Raisa, Isyana, Afgan, Anggun, dan masih banyak musisi serupa yang turut mengambil andil dalam menyukseskan popularitas musik klasik di Indonesia. Perkembangan ini pun tidak hanya di indonesia saja, namun harapannya musik klasik Indonesia dapat mengambil bagian yang cukup besar di perkembangan musik klasik dunia. Kemungkinan, dalam beberapa tahun ke depan Indonesia akan bergabung dengan negara lain untuk berkolaborasi dalam hal ini.

Baca : Kisah Hidup Legenda Kompnis Klasik, Mozart !

Spread the love