Selama ini banyak beredar informasi yang menyebutkan bahwa memperdengarkan musik klasik pada janin dalam kandungan bisa eningkatkan kecerdasannya. Banyak pula orang yang mempercayai dan melakukan hal tersebut. Tapi faktanya, hingga saat ini ternyata belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa janin yang diperdengarkan musik klasik selama dalam kandungan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi. Meski demikian, bukan berarti musik klasik sama sekali tidak memiliki manfaat untuk janin.

Sebab penelitian yang ada menunjukkan bahwa janin yang sudah mulai bisa mendengar di bulan ke empat, akan semakin terstimulasi saat diperdengarkan musik klasik, sama halnya seperti ketika mendapat tekanan atau elusan dari luar perut. Lalu apa saja manfaat memperdengarkan musik klasik untuk janin? Berikut informasinya:

Membuat janin lebih nyaman dan bisa berkembang dengan baik

Saat seorang ibu hamil mendengarkan musik klasik, ia akan merasa tenang dan sisi emosionalnya lebih terkontrol. Di saat yang sama, janin akan merasakan efek ketenangan dari sang ibu sehingga ia pun menjadi lebih baik secara emosional. Di saat seperti ini, pertumbuhan pada janin bisa berjalan dengan lebih maksimal. Jadi musik klasik sangat berperan dalam membantu relaksasi pada ibu dan janin yang bisa mengoptimalkan sisi kesehatan keduanya.

Menjadikan janin lebih tenang

Musik Klasik Pada Janin

Sejak masih berada di dalam kandungan, ternyata janin juga bisa merasa gelisah atau tidak nyaman. Hal ini terkait dengan kemampuannya untuk mendengar dan merasakan cahaya. Jadi saat sang ibu berada di tengah keramaian dengan cahaya dan suara yang keras, secara tidak langsung janin juga akan menjadi gelisah. Namun saat diperdengarkan alunan musik klasik yang merdu dan lembut, janin akan merasa lebih tenang sehingga ia bisa beristirahat dengan baik untuk pertumbuhannya. Dan hal ini ternyata juga berpengaruh pada pertumbuhannya saat dewasa nanti, di mana ia akan menjadi pribadi yang lebih tenang.

Menjadikan hormon lebih stabil

Baik untuk ibu dan janin, mendengarkan musik klasik secara teratur bisa membantu meningkatkan produksi hormon sehingga membuat kondisi kesehatan makin optimal. Seperti diketahui, kesalahan atau kekurangan hormon saat hamil bisa membuat kondisi janin berkembang kurang optimal. Namun dengan adanya musik klasik, janin jadi bisa menyerap hormon dari ibunya dengan lebih baik dan berkembang secara optimal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin memperdengarkan musik klasik kepada janin. Yang pertama, pilih musik klasik dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Cari musik yang menenangkan dan tidak memiliki lonjakan suara yang bisa membuat janin merasa kaget. Musik dengan alunan biola atau piano bisa jadi pilihan. Untuk memutarnya, kamu bisa memutar musik melalui speaker biasa karena janin akan dapat merasakan getaran dari musik tersebut melalui perutmu.

Tapi kalau ingin janin bisa lebih fokus dalam mendengarkan musik klasik, bisa juga memakai headphone yang khusus digunakan di area perut. Sambil memperdengarkan musik klasik, kamu bisa mengajak janin bercakap-cakap untuk memperkuat bonding di antara ibu dan anak.

Spread the love