Indonesia memiliki banyak sekali bakat dalam musik klasik. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya musisi berbakat yang berkelahiran di Indonesia, dan membawa pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan musik klasik di Indonesia. Salah satunya adalah Ary Sutedja, yang mendedikasikan dirinya untuk menyebarkan bakat bermusik dan ilmu yang dimilikinya untuk musisi klasik di Indonesia. Ary telah memiliki gelar master musik setelah bersekolah di Universitas Towson, Baltimore.

Ary sangat menguasai bidang pertunjukan piano, dan kehebatannya telah terbukti dalam beberapa konser yang telah dimainkannya dan mendapat apresiasi sangat besar dari masyarakat. Bakatnya yang sangat mengagumkan tidak hanya dipakai untuk dirinya sendiri, namun dia juga bersedia untuk menjadi tutor berbagai konser musik berkelas yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah perannya dalam membimbing musisi terkenal di Indonesia dalam salah satu konser musik klasik yang mengusung tema cukup menarik, yaitu ‘Romantic Schizoprenic’.

reza asril sjarfi

Konser ini merupakan konser kolaborasi antara berbagai musisi pianis berbakat milik Indonesia, yaitu Reza Asril Sjarfi yang digabungkan dengan empat pianis berbakat lainnya yang merupakan anggota dari Escala Chamber Music. Ary membimbing Reza untuk konser ini dengan baik dan melakukannya sepenuh hati. Ary sangat membuka bantuannya pada Reza, terlebih karena Ary melihat nyawa Reza yang begitu berpijar saat ia menekankan jarinya dengan lihai di atas tuts piano. Konser ini telah berlangsung pada hari Jumat, 2 maret 2018 lalu dan dilaksanakan di Menteng, jakarta tepatnya di Goethe Institute.

Meskipun Ary sangat menyadari bahwa masyarakat Indonesia masih kurang semangat dalam menyambut aliran musik klasik, namun Ary sangat berharap bahwa kelak Indonesia akan menjadi salah satu negara yang berperan besar dalam dunia musik klasik kelas internasional. Untuk harapannya itu, Ary pun mengambil setiap peran yang dapat diambilnya untuk meningkatkan kualitas musik klasik di Indonesia, salah satunya adalah dengan menjadi tutor piano bagi orang-orang yang memang membutuhkan bantuannya.

Peran ary cukup besar untuk kelangsungan perkembangan dunia musik klasik di Indonesia. Tidak hanya peran bagi orang lain saja, Ary pun berhasil menjadi salah seorang musisi pianis kelas dunia yang begitu memukau. Bakatnya pun diakui di tingkat internasional, ditambah Ary jugga telah mengantongi berbagai kejuaraan dan apresiasi bidang musik klasik di tingkat nasional. Ary adalah satu dari sedikit musisi klasik Indonesia yang menjadi musisi kelas dunia. Posisinya ini semakin disempurnakan dengan kesediaannya untuk berkecimpung di dunia perkembangan musik klasik di Indonesia.

ary sutedja jakart

Menurut Ary sendiri, musik klasik memiliki nyawa yang begitu hidup, dan dapatt dirasakan oleh orang-orang yang memang bersedia untuk mendengarkan musik klasik dengan saksama. Hampir 20 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 1999, Ary memprakarsai adanya sebuah festival seni bernama JakArt. Acara ini menjadi sebuah acara tahunan yang menarik perhatian masyarakat untuk mengunjunginya. Festival ini berhasil mengundang berbagai musisi berbakat dari berbagai dunia untuk turut berkarya dalam festival tahunan ini. Bahkan, peran Ary ini mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak, terutama UNESCO. Ary mendirikan festival ini bersama suaminya yang bernama Mikhail David. Masih banyak penghargaan yang dimiliki Ary dalam dunia musik klasik. Harapannya, di Indonesia semakin banyak musisi berpengaruh dan berbakat di dunia musik klasik seperti Ary Sutedja agar musik klasik Indonesia semakin bernyawa dan besar dalam berkarya.

Baca : Isyana Saraswati dan Avip Priatna Mainkan Musik Klasik !

Spread the love