Musik klasik adalah satu dari sekian banyak genre musik yang ada saat ini. Di jaman modern musik klasik bleh saja tergeser dengan genre musik lainnya. Namun keberadaannya masih ada hingga kini. Banyak juga yang masih mencintai musik klasik. Memang musik ini tidak akan dengan mudah dijumpai di layar kaca. Namun masih banyak juga pagelaran orchestra yang membawakan banyak musik klasik. Di Indonesia sendiri musik klasik masih sangat dihargai. Tak jarang musik klasik dipadu-padankan dengan genre musik lainnya. Seperti yang bisa dilihat di layar televisi saat ada event besar yang membawa nama sejumlah orchestra Indonesia. Banyak artis-artis ternama Indonesia yang memainkan musiknya dengan diiringi oleh musik orchestra.

Musik klasik adalah karya seni yang membawa mafaat. Banyak orang percaya bahwa penting mengajarkan anak-anak untuk bermain musik klasik. Sebagian besar orang percaya bahwa musik mampu menambah kecerdasan anak. Sehingga mengajarkan musik klasik sedini mungkin kepada anak adalah penting. Pernyataan ini juga di dukung oleh berkembangnya sekolah musik di Indonesia yang semakin maju. Namun apakah benar musik dapat membuat kecerdasan anak meningkat?

Semua jenis musik pada dasarnya sama-sama memiliki menfaat. Musik klasik adalah salah satu jenis musik yang memiliki nada-nada sederhana namun harmonis. Mendengarkan musik klasik berulang-ulang dapat merangsang otak. Sering mendengarkan musik klasik mampu menyeimbangkan kinerja otak kanan dan otak kiri. Jika keduanya seimbang maka akan membuat anak lebih cerdas. Bagaimanapun pelajaran kognitif pun akan lebih baik jika disimpan di otak kanan. Berbeda dengan seseorang yang jarang mengasah otak kanan maka akan sering lupa karena tak kiri hanya menyimpan informasi yang sifatnya sementara. Itulah sebabnya penting untuk mendengarkan dan belajar berbagai jenis alat musik. Selain itu mendengarkan musik klasik juga mampu merangsang sistem limbic pada jaringan neuron otak. Hal ini menjadikan anak bisa lebih fokus dengan pelajaran atau apapun yang tengah dikerjakannya. Dengan semakin sering mendengarkan musik klasik maka anak akan lebih berpemikiran terbuka sehingga anak lebih kreatif. Selain itu anak juga akan lebih fokus dengan tujuannya. Jika anak fokus maka apapun yang dikerjakannya akan membuahkan hasil yang maksimal.

Pentingnya musik klasik tidak hanya untuk perkembangan kognitif anak saja melainkan juga emosi anak. Banyak sumber menyatakan bahwa mendengarkan musik termasuk diantaranya musik klasik mampu memberikan energy positif. Jika anak sering mendapatkan enegrgi positif maka akan semakin nyaman dalam melakukan apapun. Selain itu kesehatan emosi anak juga akan terjaga. Hal inilah yang menjadikan anak lebih fokus dengan tujuannya. Sehingga saat disekolah anak akan lebih nyaman menerima pelajaran yang diberikan. Anak bisa lebih berkonsentrasi dalam mendengarkan penjelasan guru karena fokus.

Jadi, musik klasik anak memang bagus untuk perkembangan kognitif dan juga emosional anak. Namun butuh berkali-kali atau sering mendengarkan musik klasik anak agar bisa berpengaruh. Itulah sebabnya dikatakan bahwa edukasi dini musik klasik anak untuk anak penting. Banyak orangtua yang memberikan anak menyekolahkan anak di sekolah musik klasik anak karena hal ini. Perlu diketahui bahwa belajar musik klasik anak bisa dimana saja bahkan otodidak. Efeknya akan sama saja baik melalui pendidikan formal maupun informal. Namun memang untuk anak yang mengerti musik lebih banyak akan lebih terlihat manfaatnya. Tidak hanya musiknya saja melainkan bisa memainkan alat musiknya akan lebih menambah kecerdasan intelektual anak.

Ketahui juga latar belakang orkestra disini : Sejarah Orchestra