Musik klasik adalah musik yang dibuat atau diproduksi dalam seni. Sering juga disebut sebagai musik yang berakar dari musik liturgi Barat. Dalam arti yang luas, musik klasik ini adalah musik yang mengarah pada kesenian Barat dan musik kristiani yang mencakup periode sekitar abat ke-9 sampai dengan aba ke-21. Musik klasik ini mempunyai ciri khas yakni pemakaian akord 3 nada. Selain itu menggunakan peralihan dinamik cresendo atau dari lembut ke keras dan juga dari keras ke lembut (Decressendo). Selain iu, ciri khas lain dari musik klasik ini memnggunakan perubahan tempo dengan percepatan atau biasa disebut accelerando dan juga perlambatan atau ritadando. Perkembangan musik klasik ini tak lepas dari peran para tokoh musik klasik yang mencoba menyebarkan dan mengenalkan musik klasik ini ke seluruh dunia.

Terdapat banyak tokoh musik klasik yang sangat terkenal memperkenalkan dan menyebarkan musik klasik, berikut diantaranya:

  1. Franz Joseph Haydn.

haydn

Franz Joseph Haydn merupakan salah satu komponis yang memberi pengaruh besar dalam perkembangan tokoh musik klasik di Zaman Klasik. Beliau sering kali disebut sebagai “Bapak Kuartet Gesek” atau “Bapak Simfoni’. Ia banyak menghabiskan waktunya di keluarga Eszterhazy di Australia sebagai Musikus.

  1. Franz Schubert

schubert

Franz Schumbert ini merupakan seseorang berkembangsaan Austria yang juga merupakan tokoh musik klasik terkenal. Di umurnya yang masih tergolong muda yakni 20 tahun, ia telah berhasil menghasilkan banyak simfoni, diantaranya Unfinished Symphony dan Great Shymphoy

  1. Georg Friedrich Handel

Handel

Georg Frriedrich Handel merupakan seorang tokoh musik klasik asal Jerman namun ia lebih banyak menghabiskan waktunya di Inggris atau Britani Raya. Ia terkenal akan cintaan musk termuka Oratorio, Opera dan Concerti Grossi. Ia juga dikenal akibat beberapa karya menakjubkannya seperti Oratoria Messiah, Fireworks Musik dan Water Music.

  1. Ludwig van Beethoven

beethoven

Ludwig van Beethoven ini mungkin merupakan nama tokoh  musik klasik yang paling Anda kenal. Karya-karya begitu menakjubkan hingga sampai sekarang pun masih sering diperdengarkan. IA menjadi salah satu tokoh penting dalam perkembangan musik klasik di zaman Romantik dan Zaman Klasik.

Lihat profile selengkapnya : Beethoven 

  1. Wolfgang Amadeus Mozart

mozart

Salah satu tokoh penting pembawa pengaruh besar dalam perkembangan musik klasik pada zaman musik klasik maupun zaman musik romantik yakni Woldgang Amadeus Mozart. Ia telah menghasilkan banyak sekali karya, setidaknya sudah 700 lagu telah ia hasilkan. Dalam karyanya itu meliputi paduan suara, musik opera maupun musik piano. Ia mempunya beberapa karya yang peling terkeal dan terbaik yakni Opera Don Giovanni dan juga Dle Zauberflote.

  1. Johann Sebastian Bach

johann sebastian bach

Johann Sebastian Bach adalah musisi klasik yang berkebangsaan Jeman. Karyanya mempunyai ciri khas yakni kebanyakan dibuat untuk ditujukan bagi Tuhan. Beberapa karyanya yang terkenal adalah Brandenburg Concerto.

Musik-musik klasik yang dihasilkan oleh para tokoh musik klasik diatas maupun yang belum disebutkan mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan kita. Dengan mendengarkan musik klasik, mampu membuat otak kita berkerja lebih baik. Selain itu, dengan mendengarkan musik klasik ini dapat membantu seseorang yang mempunyai gangguan dimesnia, pelupa ataupun alzeimer. Musik klasik ini akan membantu memulihkan ingatan dan memperbaiki kualitas hidup karena musik klasik ini membuat banyak perubahan dan pengaruh dalam otak. Selain itu, mendengarkan musik klasik mampu meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal itu diakrenakan musik klasik ini mampu merelaksasikan tubuh dan juga fikiran Anda