Keberadaan dan eksistensi suatu aliran musik tentu membutuhkan peran orang-orang yang menguasai aliran musik tersebut dan bersedia untuk menyebarkan keindahan dari musik yang dikuasainya. Termasuk musik klasik di Indonesia, tentu perkembangannya sangat membutuhkan tangan dari musisi musik klasik untuk membuat masyarakat semakin melek dengan keindahan aliran ini. Musik klasik di Indonesia awalnya tidak begitu membuat masyarakat tertarik dan bukan merupakan salah satu aliran dengan banyak penggemar di negara ini.

Padahal, musik klasik memiliki unsur yang begitu indah dan sangat cocok untuk dinikmati dari berbagai kalangan. Sayangnya, tidak semua masyarakat mengetahui letak keindahan musik klasik, bahkan ada beberapa yang tidak mengetahui sama sekali tentang musik klasik sehingga membutuhkan arahan dari musisi di Indonesia. Sebenarnya hanya butuh beberapa sentuhan saja, maka musik klasik bisa dinikmati masyarakat dengan mudah ketika mereka dapat menyadari keindahan khas yang dimiliki musik klasik. Di Indonesia sendiri kini sudah ada beberapa musisi yang berperan besar di dunia musik klasik di Indonesa. Ada yang sudah meninggal dan mewariskan beberapa karya fenonenal, namun ada juga yang masih aktif berkiprah dalam memperjuangkan eksistensi musik klasik di Indonesia yang akan diulas seperti yang ada di bawah ini.

erwin gutawa

Musisi yang pertama adalah Erwin Gutawa. Tentu nama ini bukanlah nama yang asing di telinga masyarakat, karena Erwin Gutawa merupakan salah satu  musisi senior yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya Erwin saja, bakat akan kepekaan musik ini pun semakin disempurnakan setelah putri cantiknya, Gita Gutawa, turut hadir dalam panggung musik nasional dan diterima oleh masyarakat dengan tangan yang begitu terbuka.

Erwin merupakan salah satu orang yang sangat berpengaruh di  dunia musik klasik Indonesia. Memiliki forum orkestra di negara ini membuat nama Erwin semakin kerap disebut sebagai musisi sejati. Tidak hanya disitu saja, kini Erwin pun mendirikan sekolah yang merekrtut bakat-bakat musik muda di Indonesia dan memberikan bimbingan penuh pada mereka untuk terus berkarya demi perkembangan musik di negara ini. Peran Erwin yang cukup besar ini membuat masayarakat begitu salut dengan proses dan pencapaian Erwin Gutawa. Kelompok orkestra yang dimilikinya kini berhasil mengiringi berbagai  konser berkelas di Indonesia.

avip priatna musik klasik

Kedua adalah Avip Priatna. Avip merupakan konduktor musik klasik muda di Indonesia yang mendedikasikan dirinya untuk menyalurkan musik klasik ke masyarakat dari berbagai kalangan. Avip berhasil membuat konser musik klasik terkenal bernama Jakarta Chamber Orchestra, yang kini semakin berkembang dan beralih nama menjadi Jakarta Concert Orchestra. Bahkan, konser ini berhasil menuai hasil yang sangat memuaskan dan sekarang menjadi konser aset yang dimiliki Indonesia, khususnya kota Jakarta. Avip sangat menaruh perhatian pada keberadaan musik klasik di Indonesia yang masih dirasanya kurang, sehingga ia pun bersedia untuk mempromosikan musik klasik dengan sempurna ke masyarakat luas.

ismail marzuki

Musisi ketiga adalah adalah Ismail Marzuki yang kini telah tiada namun namanya masih begitu harum di Indonesia. Ismail Marzuki merupakan salah satu musisi yang begitu berpengaruh terhadap perkembangan musik klasik di Indonesia, karena telah berhasil menjadi salah satu inspirasi bagi musisi-musisi muda yang ada saat ini. Karyanya banyak dimainkan kembali oleh para musisi klasik muda di Indonesia, dan hingga kini pun namanya telah diabadikan dalam daftar musisi hebat di Indonesia.

Baca : Megahnya Musik Klasik di Konser Orkestra Jakarta !

Spread the love