Pada artikel ini kita akan membahas tentang musik. Jika mendengar kata musik tentu yang pertama kali muncul dalam fikiran kalian adalah sebuah lagu favorite atau lagu yang special untuk kalian. Yang sekarang kalian harus tahu, musik nggak Cuma bisa kalian dengar saja. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa musik adalah pembentuk ekspresi yang sangat baik. Ekspresi manusia akan muncul dengan sendirinya ketika mendengarkan sebuah lagu. Musik juga menjadi salah satu penyebab emosional seseorang keluar. Karena hanya dengan mendengarkannya entah itu bahagia, sedih, bahkan ada juga yang sampai menangis.

Bukan hanya itu manfaat musik sebenarnya. Itu sebabnya kenapa musik tidak hanya bisa didengar saja, banyak sekali manfaat dan kegunaan musik dalam kehidupan kita. Bahkan dalam sehari-hari. Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari mendengarkan musik yang akan kita bahas disini. Namun sebelumnya yang perlu kalian ingat adalah tidak berarti harus setiap saat mendengarkan musik. Dan jangan terlalu keras mendengarkannya karena musik yang terlalu keras akan menjadi hilang manfaatnya. Karena dapat menjadikan orang lain atau bahkan kita sendiri tergangu.

Manfaat musik klasik ada banyak sekali. Diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan respon fisiologis

Meningkatkan respon fisiologis

Dengan mendengarkan musikf klasik, tubuh kita akan berfungsi secara spontan. Aliran darah kita akan aktif ke daerah otak kita sehingga otak akan membuang zat-zat kimia yang dapat mempengaruhi suasana hati.

  1. Emosional

Emosional

Musik klasik juga mampu meningkatkan emosional, bagaimana bisa? Dengan mendengarkan musik tentu selain nadanya yang kita dengar kita akan mendengarkan liriknya juga. Apalagi jika itu lagu favorite anda, tentu anda sudah hafal lirik lagu tersebut. Jika lagu itu terkesan lagu yang bahagia atau romantis, secara otomatis fikiran anda akan tertuju pada pasangan anda atau hal-hal yang membuah anda tersenyum senyum. Dan apabila itu adalah lagu yang menyedihkan, tanpa anda sadari sedikit air mata akan anda teteskan.

  1. Meningkatkan IQ

Meningkatkan IQ

Dengan mendengarkan musik saja itu akan membuat IQ kita meningkat. Karena dengan ini kita bisa membedakan sebuah suara, kita bisa secara cepat menghafal liriknya, bahkan ada juga yang hafal hitungan atau jenis nada musiknya.

  1. Mengurangi resiko stress

Ketika mendengarkan musik klasik, beberapa organ dalam tubuh kita akan secara spontan menjadi tenang. Dari musik klasik yang didengarkan tadi akan sangat bermanfaat bagi anda atau kita semua yang sedang banyak fikiran.

  1. Mengurangi insomnia

Mengurangi insomnia

Karena musik klasik dikenal dengan nadanya yang agak lembut, ini membuat orang yang mendengarkannya menjadi masuk ke dalam musik tersebut. Karena nadanya yang terkadang agak mellow atau kalem, hal ini dapat menjadikan orang yang insomnia atau susah tidur menjadi lebih gampang atau cepat tidur. Jadi jika anda adalah orang yang sering mengalami insomnia, baiknya anda mendownload musik-musik klasik untuk didengarkan sebelum tidur.

  1. Memperbaiki mood

Memperbaiki mood

Saat kita sedang mengalami suatu hal yang bisa merusak mood kita, tentu kita akan menjadi sangat emosional dan agak marah. Terutama jika kita adalah seorang perempuan. Mood kita sudah terkenal tidak bisa ditebak. Dengan mendengarkan musik klasik, mood anda yang tidak karu-jaruan itu akan berubah drastic mejadi lebih tenang. Karena kebanyakan musik – musik klasik nadanya dapat menyejukkan jiwa kita. Hati kita juga akan lebih tenang.

Spread the love