Musik Klasik di Perancis – Musik Klasik merupakan salah satu aliran musik yang biasanya digambarkan berhubungan dengan musik – musik kuno khas Eropa berupa musik Orchestra. Yang dimulai dari abad ke 9 hingga abad ke 21. Berdasarkansistem notasi musiknya, di Eropa sendiri aliran musik ini dibedakan menjadi 2, yaitu: musik populer dan juga musik non – Eropa. Dikarenakan notasi musik seperti, tinggi Nada, ritme, kecepatan, serta metrum diatur oleh seorang komponis untuk para tiap pemain atau pemegang alat musik, maka sangat tidak mungkin bagi Mereka (pemain musik) untuk melakukan improvisasi.

Karena setiap suara musik yang keluar harus  sama dengan apa yang di tujukan oleh komponis. Ini lah yang membedakan aliran musik ini dengan aliran musik populer. Berdasarkan sejarah nya, musik Klasik sendiri dibagi menjadi beberapa era, seperti: era yunani, era abad pertengahan, era Renaissance, era barok, era Klasik, era romantis, serta era kontemporer.  Begitulah bagaimana musik Klasik berkembang hingga sekarang ini. Aliran musik ini melahirkan beberapa komposer hebat, beberapa diantaranya yang paling melegenda adalah Mozart dan Beethoven.

Berbicara mengenai dua komposer legendaris di atas, tidak lepas dari Sejarah musik Klasik di Perancis itu sendiri khususnya pada era Klasik. Hal ini dikarenakan, pada era atau zaman ini lah Mereka mulai berkarya. Tidak hanya itu, era musik ini juga banyak dikenal sebagai era musik Viennese. Hal ini disebabkan, beberapa komposer kelas dunia seperti Ludwig van Beethoven serta Mozart dan juga Franz Schubert berkarir di Vienna hingga membentuk sekolah musik di sana yang diberi nama Viennese school. Jika dibandingkan dengan era – era musik sesudah era ini, warna musik pada era klasik dapat dikatakan Masih ringan, dengan ciri khas yang indah dan elegan.

musik klasik perancis

Karakternya dari musiknya disebut dengan homophonic di mana melodinya di atas iringan chord. Dari era ini, lahirlah elemen elemen dasar dari musik klasik yang digunakan sebagai patokan musik klasik hingga sekarang ini. Dari era musik ini juga, terlahir dua komponis legendaris yang masih dikenal hingga kini. Dari 2 komponis legendaris tersebut lahirlah karya-karya yang juga melegenda yang hingga kini masih dijadikan acuan dalam belajar musik oleh komponis komponis setelahnya bahkan hingga sekarang ini

Setelah daerah musik klasik yang telah melahirkan 2 komposer legendaris, pada era musik romantis membawa banyak pengaruh pada musik di perancis. Pada era romantik, muncul beberapa komponis terkenal dari Perancis diantaranya adalah Hector Berlioz, dengan karyanya yang melegenda yaitu symphonie fantastique, La damnation de Faust, serta Romeo et Juliette. Ada juga George Bizet, seorang pianis serta komponis yang terkenal lewat karyanya dalam opera Carmen. Serta masih banyak lagi komponis hebat dari perancis yang terlahir dari musik Klasik.

Karya – karya musik Klasik di Perancis masih banyak di gemari oleh orang perancis hingga kini. Hal ini membuktikan bahwa musik Klasik membawa pengaruh yang cukup besar khusus nya Kepada warna musik di Perancis. Musik Klasik ini lah yang kemudian menjadi cikal bakal berkembang nya aliran musik lain seperti salah satunya adalah musik jazz. Jika dilihat dari urutan sejarah nya pengaruh musik Klasik Eropa ternyata membawa dampak yang Cukup besar pada musik – musik di negara lain salah satunya seperti pada negara Perancis yang Masih Cukup terasa hingga sekarang ini.

Baca juga : Masa Masa Musik Klasik di Dunia !

Spread the love