Konser ini didirikan oleh dua orang musisi kasik berbakat di Indonesia, yaitu Avip Priatna dan Toety Heraty Roosseno. Konser ini pertama kali didirikan dan diperkenalkan ke masyarakat lokal dengan nama Jakarta Chamber Orchestra, dan kemudian mendapatkan apresiasi yang cukup banyak dari piak-pihak yang mendukung penuh acara ini. Mendapat dukungan dari berbagai pihak membuat orang-orang yang mengelola konser ini semakin  berjuang kesana kemari untuk meningkatkan perkembangan dari kualitas musik yang ditampilkan lewat konser ini, hingga kini menjadi sebuah konser dengan nama yang cukup luas yaitu Jakarta Concert Orchestra.

jakarta concert orchestra

Jakarta Concert Orchestra sekarang telah berhasil menjadi konser musik klasik andalan Indonesia dan menjadi salah satu aset berharga yang dimiliki Jakarta. Bukan main, anggoa dari orkestra ini pun adalah kumpulan dari musisi klasik yang sangat mumpuni di Indonesia, sehingga tidak mengherankan bila konser ini berkembang dengan cukup pesat. Untuk karya yang dimainkan di konser ini pun mengusung beberapa hasil karya musisi sejarah seperti Bach, Mozart, Haydn, dan banyak lagi tokoh sejarah musik klasik yang tak pernah dilupakan dalam konser ini. Beberapa karya klasik fenomenal milik tokoh sejarah musik itu pun diarasemen kembali dengan kemasan yang lebih unik dan lebih modern, sehingga masyarakat Indonesia sangat mudah untuk menerima musik gubahan dari Jakarta Concert Orchestra. Untuk kolaborasi, Jakarta Concert Orchestra kerap bekerja sama dengan musisi mancanegara untuk membuat konser menjadi lebih berwarna. Alhasil, konser ini pun juga dihadiri oleh berbagai pengunjung dari berbagai negara pula. Kolaborasi ini sangat diperlukan untuk mengembangkan musik klasik di Indonesia, sekaligus sebagai  ikatan persahabatan sebagai sesama musisi yang menjadikan musik klasik sebagai salah satu media untuk menikmati hidup.

Tidak hanya sebatas pada hiburan saja, musik klasik seperti menyatu dengan darah daging para musisi yang berkiprah di dalam Jakarta Concert Orchestra ini. Sehingga, hasil karya yang mereka tampilkan pada penonton seolah mudah sekali untuk menghipnotis pendengarnya. Hal ini tentu saja terjadi  karena setiap penonton tentu akan mudah merasakan nyawa yang ada dalam musik-musik yang ditampilkan di Jakarta Concert Orchestra. Tentunya, konser ini akan selalu dikembangkan sebagai salah satu upaya musisi klasik di Indonesia untuk terus membuat musik klasik lebih digemari masyarakat, tentunya dengan pendekatan modernisasi dan menyesuaikan perkembangan trend di masyarakat kini. Targetnya adalah anak muda, karena bila anak muda menyukai musik klasik dan menjadikannya trend, maka akan sangat mudah bagi musik klasik untuk menuai berbagai apresiasi dari masyarakat. Dengan adanya berbagai perkembangan teknologi dalam bidang pemutar musik, tentunya yang diharapkan adalah musik klasik turut mendapat perhatian secara dominan oleh anak muda di Indonesia.

Baca : Perkembangan Pesat Musik Klasik Indonesia !

Spread the love