Musik klasik merupakan suatu komposisi musik yang berasal dari kebudayaan Eropa pada sekitar tahun 1750-1825. Secara umumnya, musik klasik ini mempunyai pengertian sebagai suatu jenis musik yang lebih terarah pada kesenian musik di dunia Barat. Musik klasik ini juga berhubungan dengan alat-alat dan musik orkestra. Ada banyak tokoh atau musisi terkenal musik klasik ini, seperti Ludwig van Beethoven, Georg Friedrich Handel, Frans Joseph Haydn dan lain sebagainya. Musik klasik ini mulai berkembang sejak abat ke-2 dan abat ke-3 sebelum masehi. Saat perkembanganya tersebut, negara Mesir dan juga Tiongkok telah mempunyai musik tertentu. Musik klasik ini kemudian mendapatkan pengaruh dari Negara Mesir dan juga daerah bailon yang menjadikannya menjadi musik hibrani dan lalu berkembang menjadi musik gereja yang digunakan saat gereja mengadakan upacara. Mulai sejak itulah musik klasik mulai berkembang hingga keseluruh dunia. Perkembangannya yang pesat ini juga di pengengaruhi oleh manfaat dan fungsi musik klasik yang begitu besar.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa musik klasik ini mempunyai banyak manfaat dan fungsi dalam kehidupan manusia, diantaranya:

  1. Meningkatkan Respon Fisiologi

Musik klasik ini mampu meningkatkan volume aliran darah ke otak. Selain itu, dengan mendengarkan musik klasik ini akan meningkatkan kendali pusat otonom, kognitif dan juga emosi. Dengan mendengarkan musik klasik, otak Anda juga akan melepaskan zat dopamin, yakni sebuah zat yang mempengaruhi suasana hati serta kendali guna menghayati kenikmatan.

  1. Meningkatkan IQ Seseorang

Sudah banyak hasil penelitian mengenai musik klasik ini bahwa mampu meningkatkan IQ seseorang.  Selain itu, anak dalam kandungan saat didengarkan musik klasik ini mampu mendorong anak atau bagi belajar dan meningkatkan kemampuan auditori mereka.

  1. Mampu Mengurangi Resiko Stress

Saat Anda mendengarkan musik klasik, organ tertentu dalam tubu Anda akan mengalami efek yang positif. Misalnya, detak jantung Anda menjadi melambat dan sistem pernafasaan Anda menjadi lebih dalam dan lebih baik. Hal tersebut dikarenakan saat mendengarkan musik klasik, otak Anda akan melepaskan endofrin yang menyebabkan tubuh Anda menjadi tenang dan rileks.

  1. Meningkatkan Daya Ingat atau Memori Otak

Dengan mendengarkan musik klasik, Anda akan terbantu dalam keterampilan pendengaran. Selain itu, saat Anda mendengarkan musik klasik ini akan menghasilkan rangsangan pada jalur otak.

  1. Membuat Bayi dalam Kandungan Lebih Aktif Bergerak

Irama musik klasik ini mirip dengan detak jantunga ibu. Maka dari itu, saat musik klasik ini diperdengarkan, syaraf motorik bayi akan lebih aktif dan menyebabkan gerakan yang lebih aktif.

Musik klasik ini memang sangat direkomendasikan untuk semua orang karena manfaatnya yang begitu besar dalam kehidupan. Selain itu, para ahli juga sangat merekomendasikan bagi para ibu hamil guna rajin mendengarkan musik klasik pada kandungannya. Ha tersebut bertujuan agar bayi yang lahir nanti diperolehnya tingkat kecerdasaan yang tinggi pada bayi tersebut. Fakta lain yang harus Anda ketahui mengenai musik klasik ini yakni adalah sebuah musik yang disusun oleh berbagai hal kompleks yang melebihi berbagai jenis musik lainnya. Kekompleksannya ini juga ditandai dengan kompleksnya ciri musik klasik. Salah satuya adalah penggunaan alat musik yang rumit alias kompeks dengan adanya 3 nada yang dibunyikan secara bersama atau disebut homofik. Selain itu, dalam musik klasik ini ada peralihan tempo dari tempo accelerando dan ritardando serta peralihan dinamika antara decrecendo dan cresendo.

Mau tau lebih jelas soal Orkestra ? lihat infonya disini Info orkestra