Musik Klasik adalah salah satu aliran musik yang hingga kini masih disukai. Musik klasik merupakan seni musik tradisional yang lebih dulu ada dibandingkan aliran musik lainnya. Musik klasik cenderung sederhana, serasi, memiliki aksen dan dinamika yang secara tiba-tiba berubah, dan berkesinambungan. Musik klasik awal mulanya terbentuk karena kebutuhan para keluarga kerajaan dan juga bangsawan. Musik klasik adalah suatu hiburan yang banyak dimainkan saat pesta dansa yang pada masa kerajaan banyak digelar. Namun kini musik klasik sudah banyak berkembang sehingga yang menikmatinya tidak hanya kalangan tertentu saja melainkan semua orang. Berkembangnya teknologi menjadikan musik klasik bisa dengan mudah di download.

Banyak yang mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik pintar bisa membuat seseorang lebih cerdas, apakah benar? Anggapan ini tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah. Namun untuk mengatakan bahwa musik klasik pintar bisa membuat seseorang lebih cerdas agaknya kurang tepat. Pada dasarnya musik klasik pintar dapat menghasilkan gelombang alfa yang mana memiliki efek menenangkan sehingga mampu merangsang sistem limbic yang ada di jaringan neuron otak. Adanya suara musik menyebabkan rangsangan yang mengakibatkan neuron saling bertautan dan terintegrasi. Jika demikian maka akan semakin kompleks jaringan neuron yang ada di otak. Akibatnya seseorang akan lebih fokus dalam suatu hal. Anak akan lebih fokus pada pelajaran yang dipelajari. Sehingga banyak orang menyimpulkan bahwa dengan mendengarkan musik klasik pintar bisa menjadikan seseorang pandai.

Tak hanya musik klasik saja, segala jenis musik mampu memberikan efek yang sama. Hal ini tergantung pada jenis musik yang disukai. Dengan mendengarkan musik maka bisa mengautakn pikiran serta emosional seseorang. Akibatnya seseorang akan lebih terfokus dan juga lebih kreatif. Dalam kata lain daya pikirnya lebih berkembang dan lebih terbuka. Hal inilah yang mendasari seseorang bisa pandai dengan mendengarkan musik. Baik musik klasik pintar atau jenis musik yang lain memiliki efek yang sama tergantung siapa yang mendengarkannya. Namun sama halnya impian yang hanya bisa dicapai dengan kerja keras, mendengarkan musik agar bisa menjadi cerdas juga tidak hanya dilakukan sekali. Tentunya membutuhkan banyak pengulangan agar otak terstimulasi dan akhirnya bisa bermanfaat.

Mendengarkan musik bagus untuk siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Dengan mendengarkan musik maka banyak manfaat yang bisa di dapatkan. Salah satunya yakni dengan bertambah pintarnya seseorang jika mendengarkan musk klasik secara berulang. Manfaat lainnya yakni bisa menjalankan hidup lebih bahagia. Musik mampu membuat pikiran lebih rileks sehingga tidak hanya berpaku pada stress. Musik bisa menjadi pengalih pikiran yang baik sehingga mampu membuat seseorang terbebas dari rasa sesak yang dialaminya. Meskipun hanya sesaat musik bisa menjadi sebuah pelarian. Namun hal ini tidak bisa memberikan efek yang sama pada setiap orang. Bagi sebagian orang yang tidak percaya akan hal ini tentu hanya menganggap musik sebagai bagian dari seni yang hanya sesekali di dengarkan.

Jadi anggapan mengenai musik klasik pintar yang berperan dalam menambah kecerdasan seseorang memang tidak sepenuhnya salah. Hanya saja memang musik klasik hanya mendasari seseorang untuk bisa menjadi lebih cerdas dari yang biasanya. Mendengarkan musik klasik secara berulang sangat baik untuk memberikan energy positif sehingga membuat pikiran menjadi lebih terbuka. Akibatnya seseorang akan semakin kreatif dan lebih fokus lagi dalam mengerjakan berbagai jenis pekerjaan yang tengah dilakukannya.

Spread the love