Kehamilan merupakan suatu hal yang amat ditunggu tunggu oleh pasangan suami istri. Saat hamil sudah selayaknya sebagai seorang calon ibu memberikan yang terbaik untuk calon buah hatinya. Bahkan sebagai calon ayah, suami juga harus memberikan dukungan moril yang besar kepada istrinya untuk dapat melewati masa masa kehamilan dengan lancar. Saat hamil, calon ibu membutuhan berbagai asupan makanan untuk janin agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jumlah makanan yang harus dikonsumsi ibupun juga akan meningkat karena ada janin juga yang harus mengkonsumsi makan. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan janin untuk tubuh misalnya salmon yang banyak mengandung omega 3, telur mengandung choline, berbagai produk susu yang mengandung berbagai jenis vitamin, magnesium dan zat besi, lalu berbagai jenis sayuran hijau serta daging merah. Semua makanan ini sangat baik dikonsumsi karena dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Selain makanan yang dikonsumsi oleh calon ibu, rangsangan dari luar tubuh juga sangat diperlukan untuk janin. Terutama rangsangan yang dapat membantu perkembangan otak bayi, karena setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi sosok yang cerdas. Salah satu rangsangan yang dapat digunakan untuk pertumbuhan otak bayi adalah mendengarkan musik. Saat memasuki masa trimester kedua kehamilan, janin akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa pesat hingga dapat mendengarkan suara yang berada di luar tubuhnya.

Janin akan dapat mengenali suara orang tuanya dan suara lain disekitarnya. Saat saat kehamilan memang dapat memicu calon ibu menjadi cemas dan stres. Padahal stres pada saat hamil dapat memberikan dampak negatif terhadap ibu dan janin. Sehingga sangat penting bayi seorang calon ibu untuk menghindari stres saat kehamilan, salah satunya adalah dengan mendengarkan musik klasik. Musik klasik memang mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah dapat membuat ibu menjadi lebih tenang dan dapat mengurangi stres.

Musik Ibu Hamil

Dengan mendengarkan musik klasik secara rutin akan memberikan lingkungan yang nyaman kepada janin agar dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Saat ibu mendengarkan musik klasik dan merasa rileks, hormon-hormon bahagia yang dihasilkan ibu akan ditransfer ke janin hingga janin juga ikut merasa rileks. Saat janin merasa rileks maka pertumbuhan sel sel saraf pada otakknya akan semakin cepat sehingga kemungkinan anak akan lahir dan tumbuh menjadi sosok yang cerdas akan semakin besar.

Selain itu mendengarkan musik saat hamil akan membantu tidur bayi setelah lahir nanti. Mendengarkan musik klasik juga akan membantu tidur bayi saat lahir nanti. Karena selain dapat mendengarkan, di dalam kandungan bayi juga sudah mampu mengingat dan mengenali suara. Memutar suara yang sama dengan yang didengar oleh janin dalam kandung akan membuat bayi menjadi rileks dan dapat tidur lebih mudah. Manfaat lain dari mendengarkan musik klasik untuk ibu hamil adalah meningkatkan kemampuan indra pendengaran yang dimiliki oleh bayi.

Di dalam kandungan mungkin bayi tidak akan mengetahui apa yang didengarkan, tetapi lewat gelombang musik tersebut akan dapat membuat bayi lebih berkonsentrasi dan hal ini sangatlah baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. selain itu musik juga akan meningkatkan refleks bayi terhadap suara yang didengarnya. Saat mendengar musik bayi akan bergerak sesuai dengan getaran musiknya. Hal ini dapat melatih bayi untuk meningkatkan kemampuan gerak dan refleks tubuh secara menyeluruh.

Spread the love