Musik menjadi salah satu cara untuk menghibur diri, melepas penat. Namun, tak semua musik bisa dijadikan alat untuk melepas stress dan mmemberikan ketenangan pada si pendengar. Salah satu genre musik yang dapat menenangkan pikiran adalah musik klasik, dimana musik klasik ini adalah musik seni musik yang berasal dari kesenian Barat yang juga biasanya digunakan untuk musik orkestra, musik kristiani. Dimana juga berdasarkan beberapa penelitian musik ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kita.

Walapun tidak secara langsung, namun bisa memberikan efek dalam jangka panjang bagi orang-orang yang memiliki kecenderungan pada musik ini. Baik manfaat dalam bentuk fisik maupun batin bisa diperoleh dengan mendengarkan atau memperdengarkan pada seseorang. Musik klasik juga kadang menjadi musik terapi untuk beberapa penyakit tertentu guna memperlancar proses penyembuhan.

Manfaat pertama dari musik klasik adalah menennangkan. Dimana temponya yang lambat bisa diserap dengan cara yang baik oeh otak kita. Yang mana menurut beberapa penelitian juga, musik klasif berefek pada fungsi otak kita. Bahkan ada beberapa metode untuk mencerdaskan anak sejak dalam kandungan adalah dengan menggunakan musik klasik ini.

Pada orang dewasa ini pun, musik klasik menjadi alah satu musik yang dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam meningkatkan motivasi belajar maupun bekerja dalam satu kondisi tertentu. Karena memang penggunaan musik klasik juga harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. karena memang ada beberapa kegiatan yang juga tidak cocok ketika menggunakan musik ini. namun, memang musik ini memang dapat membantu anda dalam meningkatkan mood anda. karena musik ini dapat berimbas pada fisiologis anda. musik klasik dapat meningkatkan respon otak kita yang lebih mengarah pada fisiologis, dimana fisiologis adalah proses pengaliran darah ke otak.

Konser Musik Klasik

Sehingga bisa dibilang musik klasik membantu meningkatkan proses pengaliran darah ke otak yang juga ikut mengaktifkan emosional, kognitif dan pusat otonom. Mengapa bisa meningkatkan karena musik klasik juga memicu lepasnya dopain sehingga mood bisa berubah menjadi lebih baik. Beberapa penelitan musik klasik juga membantu otak kitra memproduksi hormon endorfin yang membuat suasana hati kita menjadi lebih senang dan melepaskan perasaan sedih atau khawatir.

Musik ini juga cocok untuk orang-orang yang tengah mengalami insomnia, dimana anda bisa mendengarkan lagu klasik 45 menit sebelum anda pergi tidur. Sehingga anda dapat tidur lebih cepat dan lebih nyenyak karena pikiran anda sudah ditenangkan terlebih dahulu. Bahkan ada juga berdasarkan hasil study, menemukan bahwa pemutaran salah satu lagu klasik dengan judul Vivaldi’ Spring concerto bisa membuat mahasiswa yang mendengarkannya dapat meningkatkan kinerja otak, sedangkan untuk memperdengarkan musik Auntumn concerto bisa membuat mahasiswa apat mengerjakan tes yang diberikan dengan lebih baik.

Memang musik klasik ini tak lepas dengan peningkatan kualitas mental atau lebih mengarah pada peningkatan otak kita. Sehingga memang mempelajarai atau hanya mendengarka musik klasik ni pasti secar tidak langsung juga memberikan dampak kecerdassan. Banyak orang yang memeplajari musik ini karena merasa kagum dengan kelmbutan musiknya yang dapat memebrikan efek yang tenang bagi pemainnya maupun bagi yang mendengarkan. Sehingga memang juga sangat cocok digunakan oleh umat kristiani dalam memanjatkan doa mereka pada sat beribadah di gereja atau dimanapun. Ya karena memang pada sejarah yang telah berkembang, musik ini adalah musik kristiani yang digunakan untuk beribadah.

Spread the love