Legenda Musik Klasik Indonesia, setiap musik memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap periodenya, tak terkecuali dengan musik klasik. Musik klasik di Indonesia memiliki tokoh-tokoh handal yang akan terkenang sepanjang masa, baik penggubahnya, penyanyinya maupun pencipta lagunya.
Berikut ini adalah beberapa tokoh atau legenda musik klasik Indonesia yang memiliki karya luar biasa.

  1. Idris Sardi

Seorang maestro biola yang enggan dipanggil maestro, sayangnya dewasa ini permainan biolanya sudah tak pernah didengar. Idris sardi memiliki banyak kegalauan atas perkara yang menimpa negera Indonesia, baik politik, kemanusiaan, bencana alam dan lain-lain. Permainan biolanya sangat menarik dan memiliki ciri khas tersendiri. Ia mampu memainkan biola dan menampilkan suasana yang dramatik, sangat brilian. Sampai saat ini, Idris Sardi masih diakui sebagai maestronya bioa musik klasik tanah air, tak akan ada yang bisa menyamai permainannya.

  1. Ananda Sukarlan

Pemain piano klasik yang lahir di Jakarta, 10 Juni 1968, namun pianis hebat asal Indonesia ini sekarang menetap di Spanyol. Mungkin nama Ananda Sukarlan masih asing bagi telingan warga Indonesia, sebab namanya lebih banyak dikenal di kalangan musik klasik. Maestro piano ini bermain piano sejak kecil, setelah lulus SMA di Jakarta, ia melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Amerika Serikat. Tak hanya berhenti di situ saja, Ananda Sukarlan melanjutkan pendidikan S2 di Den Haag, Belanda. Selama bersekolah di Eropa tersebut, ia mengikuti banyak perlombaan piano internasional. Namun yang aneh, Ananda Sukarlan menyebut dirinya sebagai pemain yang memiliki aliran genre musik sastra dan bukannya klasik. Dalam setahun, Ananda Sukarlan dapat mengadakan 60-80 kali pertunjukan.

  1. Crisye

Chrisye adalah legenda musik di Indonesia, lagu-lagunya bahkan masih dikenal sampai sekarang meski penyanyi ini sudah tiada. Chrisye lahir di Jakarta pada tanggal 16 September 1942, nama aslinya adalah Chrismansyah Rahardi. Ia mengawali karirnya dengan bergabung dalam sebuah band ‘sabda nada’ pada tahun 1968, setahun kemudian band tersebut berganti nama menjadi gypsy band.

  1. Gesang Martohartono

Penyanyi kelahiran Surakarta 1 Oktober 1917 ini adalah seorang maestro kerncong yang sangat terkenal. Salah satu lagunya yang sangat familiar adalah bengawan Solo. Lagu tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa lain sedikitnya dalam 13 bahasa yang berbeda. Sayangnya maestro ini sudah meninggal pada tahun 2010 kemarin. Kita patut berbangga memiliki orang seperti Gesang yang kekeh mempertahankan musik keroncong. Berkat jasanya, musik tipe tersebut masih ada dan dapat didengar oleh orang hingga searang ini.

  1. Ismail Marzuki

ismail marzukiSiapa yang tidak tau dengan Ismail Marzuki? Pencipta lagu-lagu yang bertemakan nasional kebangsaan ini sudah menciptakan banyak sekalilagu kebangsaan. Ia menjadi penggubah agu dan mendaat julukan sebagai komposer pejuang nasionalis. Lagunya yang paling terkenal diantaranya adalah gugur bunga dan Halo-halo Bandung yang menjadi lagu nasional Indonesia. Namanya bahkan dijadikan sebagai nama sebuah taman di Jakarta, yakni taman Ismail Marzuki. Tanpa Ismail Marzuki, lagu-lagu kebangsaan tidak akan pernah ada.

Itulah tadi beberapa legenda musik klasik Indonesia. Sejatinya musik klasik adalah musik yang terdapat dalam era lama, musik yang mungkin bagi sebagian orang dianggap kuno. Pecinta musik akan memberi penilaian tersendiri terhadap musik jenis satu ini. Tak ada yang dapat menyamai kemampuan tokoh-tokoh tersebut. Saat ini publik sudah semakin sadar untuk melestarikan musik klasik yang khas

Baca juga artikel lainnya tentang : Musik Klasik dan Manfaatnya <<