Legenda Komponis Klasik Mozart – Salah satu komponis musik klasik dari musik klasik yang namanya masih dikenal hingga sekarang ini adalah Mozart. Legenda Komponis Klasik Mozart, atau Wolfgang Amadeus Mozart ini memiliki nama asli yaitu Johannes Chrysostomus .Wolfgangus Gottlieb Mozart yang lahir di Salzburg tahun 1756 tepatnya pada tanggal  27 Januari. Terlahir sebagai keturunan dari komponis yang cukup dikenal pada masanya yaitu Johann Georg Leopold Mozart membuat Mozart memiliki darah seni yang mengalir dalam dirinya. Bahkan, Ia diketahui memiliki kemampuan istimewa di bidang musik yaitu dapat mengenali nada dengan tepat meski tanpa menggunakan bantuan alat. Hal ini disinyalir karena Mozart telah dikenalkan dengan musik sejak Ia bayi oleh keluarganya.

kisah hidup mozartMozart kecil merupakan anak paling terakhir dari tujuh bersaudara, namun yang berhasil bertahan hidup hanyalah dia dan kakak perempuannya yang bernama Marria Anna Mozart yang biasa dipanggil (Nannerl). Mozart terlahir prematur, karena hal ini orang tuanya sedikit mengawatirkan kondisi kesehatan serta kemampuan Mozart yang nantinya kekhawatiran itu berhasil Mozart patahkan. Saat usianya baru menginjak 4 tahun, masa kecil telah mampu dan lihai untuk memainkan alat musik Harpsichord. Tidak hanya itu, Ia juga telah mampu melakukan improvisasi dari karya-karya pendahulunya. Bahkan, masa kecil telah mampu menulis komposisi pertamanya pada usianya yang baru menginjak 5 tahun.

Ternyata, bukan hanya Musa yang memiliki kemampuan musik sejak kecil. Kakak perempuan – nya, Nannerl ternyata juga piawai memainkan alat musik sejak ia kecil. Melihat kemampuan kedua anaknya itu, ayah Mozart, Leopold, kemudian memiliki ide untuk memamerkan kedua anaknya itu ke seluruh Eropa. Pada bulan September tepatnya tahun 1762, sang ayah, Leopold memutuskan untuk mengambil cuti panjang dari pekerjaannya guna untuk mempromosikan anaknya kepada raja – raja.

Penampilan Mozart pertama kali adalah di depan raja Bayern di Wina. Pada saat itu, Mozart dan kakak perempuan – nya Nannerl, bermain piano dengan piawainya. Ratu Maria Theresia dibuat terpukau oleh kemampuan bermain musik kakak beradik itu. Pertunjukkan di depan sang ratu di Wina itu merupakan pertunjukan pertama dalam hidup Mozart. Setelah pertunjukan itu Mozart kemudian memiliki jadwal konser yang cukup panjang yaitu dari tahun 1763 hingga 1765 di Paris, serta pada tahun 1664 sampai 1765 di London. Pada tahun-tahun tersebut di tempat-tempat itu mengadakan konser di depan raja-raja. Raja-raja tersebut juga sesekali menguji kemampuan Mozart. Salah satunya adalah dengan menutup kedua mata Mozart dengan selembar kain, kemudian memintanya memainkan tema – tema musik yang diberikan dengan diiringi oleh improvisasi improvisasi yang Mozart buat sendiri. Karena selalu berhasil menyelesaikan ujian serta tantangan yang diberikan, Mozart kemudian dijuluki sebagai anak ajaib.

Konser – konser yang Ia gelar saat usia nya Masih begitu belia yang dipelopori oleh kemampuan sang ayah melihat potensi dari anaknya Itulah merupakan awal dari sepak terjang komponis legendaris yang karya – karyanya masih dikenal hingga sekarang ini. Dengan kemampuan alaminya di bidang musik – khususnya musik klasik yang sudah Ia miliki sejak usianya masih sangat kecil, Mozart terus berlatih serta mengembangkan kemampuannya dengan terus menggelar konser konser pertunjukan di beberapa daerah serta negara lain, dan juga analisis komposisi komposisi musik klasik. Setiap pagelaran yang digelar oleh Mozart, ia selalu menuai banyak pujian serta kagum dari para penontonya – yang mana penonton atau audiens dari pagelaran musik Mozart pertama kali adalah raja – raja. Itulah tadi mengenai legenda komponis klasik Mozart

Baca juga : Simfoni Paling Gemilang Karya Beethoven !

Spread the love