Gadjah Mada Chamber Orchestra merupakan kelompok orkestra yang anggotanya berasal dari para mahasiswa universitas Gadjah Mada (UGM). Gadjah Mada Chamber Orchestra ini mempunyai event tahunan yang digelar setiap tahun dengan mendatangkan berbagai artis dan musisi ternama. Walaupun Universitas Gadjah Mada ini tidak mempunyai Jurusan Musik,  tapi Gadjah Mada Chamber Orchestra ini hadir sebagai komunitas orkestra kampus yang sangat terkenal dan mampu mewadahi setiap mahasiswa untuk mengapresiasi musik orkestra di Indonesia. Setiap tahunnya, konser musk Gadjah Mada Chamber Orchestra ini selalu ditunggu dan dinantikan oleh masyarakat penikmat musik orchestra.

Konser yang digelar oleh Gadjah Mada Chamber Orchestra ini telah beberapa kali digelar setiap tahunnya setidaknya sudah 6 kali, diantaranya:

  1. Grand Concert Vol. 6 berjudul Lucid Dream 2017

Dalam konser terbarunya ini Gadjah Mada Chamber Orchestra (GMCO) membawa format full orkestra dengan tema mimpi. Dalam Grand Concert Vol. 6 tersebut dihadirkan Andreas Joko Purwoto sebagai salah satu pendiri GMCO. Tak hanya itu, dihadirkan pula Puput Pramuditya, seorang musisi dan juga master dalam musik lulusan ISI Yogyakarta. Selain itu dihadirkan pula Addie MS, seorang musisi legendaris Indonesia sekaligus seorang pendiri Twillite Orchestra. Konser tersebut digelar pada Sabtu 06 Mei 2017 di Auditorium Driyarkara Sanata Dharma Yogyakarta.

  1. The Story Of Our Life 2015

Pada konsernya tahun 2015 ini, Gadjah Mada Chamber Orchestra (GMCO) ini membawakan tema kehidupan. Disini diceritakan dari awal kehidupan percintaan seseorang sampai akhirnya berpisah melalui musik orchestra dari dalam ataupun luar negri. Perhelatan tersebut diselenggarakan pada sabtu, 14 November 2015 di Hall lantai 2 Grha Sabha Pramana UGM. Dala konser tersebut, GMCO berkolaborasi dengan penyanyi seriosa ternama, yakni Putri Ayu.

  1. Grand Concert “Fenomenal Hits” 2014

Di tahun 2014 ini, Gadjah Mada Chamber  ini membawakan tema fenomenal hits yang digelar pada Jumat, 31 Oktober 2014. Lagu-lagu fenomenal hits dari masa  ke masa pun dimainkan melalui musik orkestra dengan sangat apiknya. Mulai dari ahun 1980-an, seperti Dancing Queen, I have A Dream sampai dengan Mamma Mia. Dalam perhelatan konser tersebut, GMCO juga mengundang tamu spesial, yakni Marchell Siahaan yang membawakan beberapa lagu seperti lagu bengawan Solo, Kala Cinta Menggoda dan masih banyak lagi.

Dalam perhelatan konsert tahunan yang digelar oleh Gadjah Mada Chamber Orchestra (GMCO) ini juga pernah menghadirkan beberapa musisi selain Putri Ayu, Addie MS, dan Marchel Siahaan yang sudah disebutkan diatas. Beberapa artis dan musisi yang pernah tampil dalam konser GMCO ini datang dari dalam dan luar negri, salah satunya Eduardo Tami yang berasal dari Argentinya. Musisi dai dalam negri yang pernah tampil di GMCO ini ada Anggito Abimanyu, Lea Simanjuntak, Singgih Sanjaya dan masih banyak lagi. Tujuan GMCO ini menghadirkan konser musik orkestra setiap tahunnya agar masyarakat semakin familiar dan mengenal musik orkestra ini dan semakin menaruh perhatiaanya pada musik orkestra. Selain itu, GMCO juga ingin menunjukan eksistensinya dalam bermusik meskipun tidak ada jurusan musik di Universitas Gadjah Mada. Harapan lainnya, GMCO ingin terus berkarya dan menghibur masuarakat dengan musik berkualitas serta pengalaman konser dan berorganisasi bagi para angota GMCO sendiri. Selain Konser besar setiap tahunnya, GMCO juga ada konser rutin kecil atau mini, seperti mini concert, home concert, recital dan grans concert yang selalu ditunggu oleh penikmat musik orchestra.

Baca Juga : Musik orkestra dan perkembangannya