Musik klasik merupakan salah satu aliran musik yang populer sejak abad ke-15. Pada masanya, musik klasik adalah salah satu jenis musik yang paling disukai. Musik ini biasa diperdengarkan dalam pagelaran orkestra yang kala itu hanya diperuntukkan bagi para bangsawan. Namun sejak populernya opera pada abad ke-17, musik klasik kemudian menjadi pengiring dalam pertunjukan opera. Sejak tergabungnya orkeatra dalam opera, sejak itu pula banyak kemunculan komposer musik klasik  baru. Musik klasik semakin berkembang menjadi salah satu aliran musik yang populer. Musik klasik menjadi sering dipentaskan bersama dengan opera ke dalam suatu grup musik dengan dipimpin oleh komposer.

Di jaman sekarang ini tentunya musik klasik sudah tidak lagi populer. Keberadaan musik klasik sudah tergeser oleh musik pop, musik rock, dan musik modern lainnya. Keberadaan musik klasik hanya bertahan hingga awal abad 20-an. Di jaman sekarang ini musik klasik hanya diminati oleh minoritas saja. Meski demikian masih ada pertunjukan-pertunjukan musik klasik khususnya di Ibu Kota. Masih banyak juga orchestra Indonesia yang hingga kini namanya masih Berjaya, seperti misalnya Erwin Gutawa Orchestra, Twilite Orchestra, Magenta Orchestra, dan lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun musik klasik sudah tergeser dengan musik modern namun keberadaannya masih ada.

Masa keemasan musik klasik dimulai dari abad ke-17. Kejayaan musik klasik berakhir pada abad ke-20. Diantara masa itu banyak komposer musik klasik yang lahir dan menjadi pengaruh dalam dunia musik klasik. Banyak karyanya yang hingga kini masih disukai oleh pecinta musik klasik. Banyak diantaranya merupakan orang Eropa. Berikut ini adalah komposer musik klasik paling berpengaruh di dunia.

  1. (1685-1750) Johan Sebastian Bach

Komposer ini berasal dari Jerman. Johan Sebastian Bach adalah komposer musik klasik terbaik yang telah berhasil menulis 1100 lebih dari komposisi. Banyak diantara komposisinya yang dikenal masyarakat dunia. Karyanya yang terkenal diantaranya yakni Air On G String, Arioso, Brandenburg Concerto, dan masih banyak lain.

  1. (1756-1791) Wolfgang Amadeus Mozart

Siapa yang tak kenal dengan komposer musik klasik satu ini. Baik pecinta musik klasik atau yang awam sekalipun tahu nama Mozart. Banyak karyanya yang terkenal hingga kini. Mozart berasal dari Austria dan sudah tertarik dengan musik klasik sejak umur 5 tahun. Sejak kecil pula Mozart sudah menghibur para bangsawan di Eropa. Ada 600 lebih kayanya yang dikenal dan berasal dari berbagai genre musik.

  1. (1770-1827) Ludwig van Beethoven

Nama Ludwig van Beetovhen juga tak kalah terkenalnya dengan nama Mozart.  Beethoven adalah komposer musik klasik dari Jerman. Karyanya yang paling terkenal yakni Fue Elise, simfoni ke 9 dan simfoni ke 5. Beethoven menjadi sepenuhnya buta sejak tahun 1817. Meski demikian, ia masih terus menulis karya-karya yang hingga kini masih dinikmati.

  1. (1810-1849) Frederic Chopin

Chopin juga seorang komposer terkenal bahkan diantara masyarakat yang awam akan musik klasik. Ia mulanya adalah anak yang berbakat dan menjadi seorang komposer Polandia saat masih muda. Hopin merupakan salah satu komposer piano terbaik dunia. Meski kini musik klasik sudah banyak tergeser dengan musik modern, namun karya Chopin masih banyak dikenal bagi pemusik piano.

Itulah sejumlah komposer musik klasik yang berpengaruh di dunia. Karya-karya yang telah dihasilkannya tidak hanya dikenal pada masanya tetapi juga di masa kini. Seiring dengan banyaknya karya musik baru yang muncul, musik karya Chopin, Mozart, Beethoven, dan Bach masih banyak dinikmati.

Baca juga : Konser musik klasik Mozart Juveniles