Kiprah Musik Klasik Indonesia Sudah memasuki tahun 2018, musik klasik diharapkan tetap jaya dan disukai banyak masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah beberapa momen dalam tahun-tahun kebelakang yang perlu diingat dan digaris bawahi sebagai peristiwa keramaian musik klasik di Indonesia. Hal tersebut adala menurut kontributor A Musical Promenade, berikut ulasannya.

Anugerah kebudayaan dari kemendikbud

musik klasik indonesia

Anugerah musik dari kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) diterima oleh para musisi yang menggeluti jenis musik ini. Tokoh musik klasik Ananda Sukarlan dan Avip Priatna adalah sedikit dari beberapa musisi yang menunjukkan bagaimana seni musik klasik perlahan masuk ke Indonesia dan terdeteksi oleh radar pemerintah. Penghargaan kepada dua maestro musik klasik tersebut di dapat pada tahun 2015, hal tersebut merupakan angin segar bagi seni musik klasik yang kadang kala dikesampingkan. Diharapkan pada tahun selanjutnya, musisi musik klasik lainnya mendapatan penghargaan serupa.

Orkestra musik semakin menggeliat

Kehadiran orkestra pemuda di Indonesia Youth Symphny Orchestra patut dicatat sebagai momen kehadiran kembali orkestra musik klasik di Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh kmposer terkenal Addie MS yang turut memeriahkan acara. Banyak orkestra lainnya yang bermunculan setelah tahun 2015 tersebut, yang pasti akan memeriahkan kancah musik klasik di Indonesia. Pada akhirnya, musik klasik akan bangkit kembali dan banyak digemari oleh khalayak umum, diharapkan anak muda juga banyak menggemari jenis musik ini.

Indonesia sering kedatangan insan musik klasik dunia

Kehadiran pemain alat musik dan orkestra klasik di panggung Indonesia membuat rasa penasaran akan jenis musik tersebut meningkat. Rata-rata penasaran dengan tokoh luar negeri yang bertandang tersebut. Namun hal itu sekaligus menjadi tolak ukur untuk membandingkan karya dan kualitas musik, biasanya musik dari luar negeri sampai ke tokoh-tokohnya lebih digandrungi masyarakat.

Tokoh musik klasik yang meninggal

Tahun 2015 tokoh musik Indonesia yakni komponis Slamet Abdul Syukur wafat, tahun 2017 kemarin pemusik fenomenal Chrisye juga wafat. Hal tersebut adalah kehilangan yang luar biasa sebab Indonesia telah kehilangan putra-putra terbaik dalam pembangunan musik klasik. Denni Sakri juga meninggal pada tahun yang sama dengan Slamet Abdul Syukur.

musik klasikKiprah Musik klasik Indonesia memang memiliki catatan tersendiri, baik sejarah dan kiprahnya di dunia hiburan Indonesia. Musik jenis ini memang seringkali kalah dari jenis musik aliran barat, contohnya Jazz, Blues, Pop, Rock, Metal, Reggae dan lain sebagainya. Namun perlu ditekankan bahwa setiap musik memiliki ciri khas dan warna tersendiri, begitu juga musik klasik yang sering dikatakan sebagai musik tua. Alunan nadanya yang perlahan membuat musik ini sangat tenang untuk dinikmati. Musik klasik juga sering dijadikan sebagai musik pengantar tidur. Bukan hal yang aneh sebab musik ini mengalun merdu dan memberikan fek relaksasi bagi pendengarnya.

Ada banyak keuntungan mendengarkan musik klasik untuk otak, ibu-ibu hamil sering memperdengarkan musik klasik teradap bayi dalam kandungannya, hal tersebut mampu merangsang otak bayi, saraf sensorik dan motorik menjadi berkembang lebih cepat sehingga akan lebih unggul ketimbang bayi-bayi lainnya.

Mari hargai musik klasik Indonesia, penyebarannya tidak setenar musik jenis lain memang, bahkan kalah dari musik dangdut yang dirasa sebagai jenis musik asli Indonesia. Mempelajari piano dengan memainkan musik klasik seperti beethoven membuat anak lebih cerdas dan mampu menyeimbangkan antara otak kiri dan kanananya. Akhir kata, itulah tadi artikel mengenai kiprah musik klasik Indonesia sampai pada tahun 2018. Jangan sampai ketinggalan artikel kami yang lainnya mengenai Musik Klasik Indonesia.