Musik klasik Indonesia tidak datang begitu saja, musik ini ada dibawa oleh pendatang dari luar negeri yang kebetulan bertandang ke Indonesia. Sejarahnya sangat panjang bila diceritakan di dalam tulisan. Berikut ini adalah beberapa tokoh yang berperan sebagai kiblat musik klasik Indonesia, kesemuanya memang berasal dari luar negeri karena memang dasarnya musik ini berasal dari luar negeri.

musik klasik tanah air

John Passion

Bapak musik klasik yang satu ini merupakan tukang intrik yang luar biasa, ia menuliskan lagu yang begitu sublim. Karya besarnya adalah apa yang dilakukannya terhadap Gospel Of St John yang menjadi fondasi karya besar musik klasik dunia. Hal tersebut juga meninggalkan kenangan yang cukup dalam bagi penggemarnya. Bila di Indonesia penyanyi dapat diibaratkan sebagai Almarhum Chrisye. Penggubah ini sudah meninggal ratusan tahun yang lalu. Demikian adanya St. John Passion dikatakan sebagai bapak musik klasik sebab kiprahnya yang sudah sangat lama sekali di dalam bidang tersebut. Ratusan karyanya juga sudah menginvasi dunia, hingga menjadi lagu yang dinyanyikan dalam demonstrasi mahasiswa.

Ludvig van Beethoven

Komponis paling terkenal yang memainkan segala jenis alat musik, namun lebih condong ke piano. Hal yang paling unik dari komponis satu ini adalaf fakta yang ada bahwa Beethoven adalah seorang yang tuli. Bayangkan, tuli saja ia bisa membuat musik yang sebegitu bagus dan fenomenal, apalagi bila ia memiliki pendengaran yang sempurna. Karyanya yang paling terkenal adalah moonlight sonata dan juga lagu yang dipianokan Fur Elise, atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti lagu untuk elise. Beethoven adalah tokoh penting dalam peralihan zaman klasik menuju romantis. Sebenarnya alat musik klasik bukan hanya piano saja, biola dan gitar juga termasuk dalam alat musik klasik yang dapat mengalun secara merdu. Semasa muda, Beethven adalah pemain piano yang handal dan berbakat, berkat kemampuannya tersebut Beethoven menjadi terkenal dan populer. Beethoven menjadi guru piano para bangsawan untuk menyambung hidupnya.

Wolfgang Amaedeus Mozart

Orang ini adalah salah satu maestro yang dijadikan kiblat musik klasik di Indonesia. Karya terapat lebih dari 700 judul yang berbeda. Mozart memili musikalitas yang tinggi, ia dapat mengenal nada dengan sangat tepat tanpa bantuan alat apapun. Bakatnya tersebut menurun dari sang ayah yang juga merupakan komponis terkenal pada masanya. Karya mozart yang paling terkenal salah satunya adalah kindersnfoine atau simfoni untuk anak-anak. Wolfgang Mozart merupakan anak bungsu dari ketujuh saudaranya yang kesemuanya meninggal, hanya 2 saja yang masih hidup yakni dirinya dan Anna mozart saudaranya. Pada usia yang relatof kecil yakni 4 tahun, Mozart sudah mampu memainkan harpischord serta memainkan ulang karya-karya yang sudah ada, tentu saja dengan improvisasi yang berbeda di dalamnya, sangat cerdas dan brilian. Bahkan mozart kecil menuliskan komposisi lagu pertamanya pada usia 5 tahun, karyanya yang banyak dikenal orang antara lain violin sonata dan minuet. Ayahnya, Leopold mengumpulkan karya-karya anaknya tersebut tanpa sepengetahuan dari si mozart kecil. Berangkat dari situlah, Leopold memamerkan bakat anaknya ke seluruh Eropa, dan sampailah aliran tersebut ke Indonesia dan banyak ditiru oleh orang banyak.

Demikian beberapa musisi musik klasik yang menjadi kiblat atau panutan di Indonesia. Karya mereka sangat luar biasa hingga mampu menginspirasi musisi di Indonesia untuk membuat karya yang sama bagus dan hebatnya. Bagi kamu pecinta musik klasik Indonesia simak artikel kami mengenai Perkembangan Musik Klasik di Tanah Air.