Musik merupakan satu karya seni yang tersusun dari irama dan harmoni yang mana dihasilkan oleh apapun yang dapat mengeluarkan bunyi. Musik sendiri diklaim sudah ada sejak hadirnya Homo sapiens muncul di bumi.

Dari tahun ke tahun, ada banyak sekali era yang menghadirkan berbagai genre dalam musik. Akan tetapi ke semuanya tersebut berasal dari apa yang dikenal dengan istilah art music atau yang merupakan musik tradisional dari suatu daerah.

Khususnya di Eropa dan sekitarnya, art music sendiri melahirkan sejumlah genre yang dikenal dengan istilah klasik dan ada beberapa di antaranya yang mempengaruhi sebuah era. Nah, berikut ini adalah macam-macam dan perbedaan setiap genre musik klasik.

Folk

Musik folk adalah salah satu bagian dari musik klasik tradisional yang dipadu dengan alunan nada dan lagu yang berasal dari alat musik setempat, serta tarian-tarian khusus. Menurut sejarahnya, musik folk ini pertama kali dicetuskan oleh seorang berkebangsaan Inggris bernama William Thoms pada tahun 1846 dengan mengambil dasar kata volk dari Bahasa Jerman yang berarti “semua orang secara keseluruhan bermain poker online.”

Simfoni

Simfoni adalah sebuah komposisi musikal dalam sebuah sajian musik klasik yang mana ditulis oleh seorang komposer untuk dimainkan dalam sebuah orchestra. Istilah dari simfoni sendiri sangat beragam dan diklaim mulai dipergunakan pada akhir abad ke-18 di Yunani.

Orchestra

Orchestra adalah sebuah penyajian dan pertunjukan musik klasik dalam taraf besar yang mana mengikutsertakan banyak pihak atau banyak pemain musik. Bahkan dalam sebuah pertunjukan orchestra, pemain satu alat musik terkadang terdiri dari lebih dari satu orang saja. Alat-alat musik yang dimainkan adalah viola, violin, cello, double bass, woodwinds, perkusi, brass sampai dengan jenis lainnya dan dipimpin oleh seorang conduktor.

Chamber

Chamber adalah bentuk dari musik klasik yang mana dimainkan oleh sekelompok orang dalam jumlah terbatas. Rata-rata musik chamber ini dimainkan di sebuah ruangan di istana atau rumah bangsawan. Dikarenakan hanya dimainkan oleh sekelompok kecil musisi saja, maka chamber juga dikenal dengan nama “music of friends.”

Baroque

Baroque adalah sebuah periode musik klasik di Eropa yang mana muncul setelah era musik Renaissance atau sekitar tahun 1600-an. Ciri musiknya adalah penuh semangat dan meledak-ledak dan kemudian kembali tenang dan seterusnya. 2 komposer di era Baroque yang terkenal sampai sekarang ini adalah Antonio Vivaldi dan Johann Sebastian bach.

Belajar Musik Klasik

Romantic

Romantic music adalah periode selanjutnya di daratan Eropa yang diperkirakan mulai ada pada akhir abad ke-18. Dikatakan sebagai era musik romantis karena pada saat itu banyak hal yang ‘berbau’ romantisme yang diadopsi dari Jerman. Salah satu musisi di era romantic adalah Ludwig van Beethoven.

Klasik

Memang semua poin di atas adalah musik klasik, namun dalam hal ini musik klasik sendiri diidentikkan dengan periode klasikal atau classical period yang mana muncul sekitar tahun 1730-an. Era musik klasik ini muncul di akhir keruntuhan periode Baroque dan permulaan munculnya era Romantic. Musik-musik klasik ini memiliki ciri khas melodi yang halus dengan nuansa elegan.

Spread the love