Orchestra merupakan sekelompok musisi yang memainkan alat musik bersama-sama dengan dipimpin oleh seorang komposer. Musik yang dimainkan dalam pertunjukan Orchestra biasanya musik klasik. Ada dua jenis orchestra yakni orchestra skala besar yang biasa disebut “orchestra simponi” yang mana beranggotakan sekitar 100 pemain dan orchestra skala kecil dengan jumlah pemain sekitar 40 orang. Tempat pertunjukan orchestra adalah sebuah panggung yang mana kini lebih banyak dilakukan di aula konser.

Orchestra mulai muncil pada abad ke-15. Kala itu orchestra dibentuk karena kebutuhan para bangsawan akan sebuah pertunjukan saat diadakan acara besar. Dalam pesta dansa yang diadakan para bansawan memanggil para musisi untuk meramaikan. Sejak berkembangnya opera di abad ke-17, orchestra banyak dimainkan sebagai pengiring pertunjukan. Sejak saat itu pula musik-musik diciptakan dan dimainkan dalam grup. Maka mulailah banyak komposer musik klasik yang membuat karya musik untuk pertunjukan opera. Musik klasik dalam orchestra semakin banyak dikenal seiring dengan berkembang pesatnya pertunjukan opera di kalangan bangsawan dan kerajaan. Pada jaman ini musik klasik menjadi salah satu aliran musik yang paling digemari. Di berbagai acara besar para bangsawan atau keluarga kerajaan banyak yang menggunakan musik klasik sebagai pengiring. Aliran musik klasik pun semakin berkembang pesat.

Di jaman sekarang ini tentu banyak yang berpikiran bahwa musik klasik sudah tidak lagi eksis. Pasalnya memang tidak banyak yang menggemari aliran musik ini. masrayakat umum lebih suka dengan aliran musik modern seperti musik rock, pop, rege, dan masih banyak lainnya. Sehingga tidak banyak lagi yang kenal dengan karya-karya musik klasik. Mungkin hanya sebagian saja yang memang mencintai musik klasik. Namun perlu diketahui bahwa meski keberadaan musik klasik sudah tergeser dengan jenis musik lainnya, keberadaan musik klasik masih eksis. Bahkan di Indonesia juga masih banyak orchestra Indonesia yang terkenal di kalangan masyarakat.

  1. Erwin Gutawa Orchestra

erwin gutawa

Siapa yang tak kenal dengan Erwin Gutawa Orchestra? Di Indonesia semua pasti mengenal pemilik atau komposer dari orchestra Indonesia ini. Siapa lagi kalau bukan Erwin Gutawa yang merupakan ayah dari penyanyi Gita Gutawa. Orchestra Indonesia ini dibentuk sejak tahun 1993 yang hingga kini masih banyak dikenal. Tak jarang orchestra ini tampil di layar kaca dan menjadi musik pengiring dari para penyanyi terkenal tanah air. Liuhat Tweeternya disini Erwin Gutawa

  1. Twilite Orchestra

Twilight orkestra

Lain dengan yang sebelumnya, orchestra ini dibentuk lebih dahulu yakni sejak tahun 1991. Twilite orchestra dibentuk oleh Addie MS bersama kawannya yakni Indra Usmansjah Bakrie serta Oddie Agam. Tak hanya terkenal di Indonesia, orchestra ini juga terkenal di dunia. Bahkan Twilite menjadi orchestra Indonesia pertama yang tampil di Sydney Opera House. Orchestra Indonesia ini juga terdaftar sebagai anggota dari American Symphony Orchestra League tahun 1995.

  1. Magenta Orchestra

Magenta orkestra

Orchestra Indonesia ini didirikan oleh Indra Usmansjah Bakrie dan kawannya Andi Rianto. Orchestra ini adalah orchestra pertama yang menggunakan nuansa pop. Dibandingkan orchestra yang sebelumnya, Magenta lebih muda umurnya. Magenta orchestra pertama kali melakukan pagelaran di tahun 2006.

Itulah beberapa orchestra Indonesia yang hingga kini masih eksis. Tentunya masih banyak orchestra lain yang memiliki nuansa-nuansa berbeda. Ada yang bernuansa pop mengikuti aliran musik modern da nada juga yang bernuansa tradisional dengan menggabungkan musik-musik tradisional di Indonesia. Tentunya hal ini memberikan warna baru dalam dunia orchestra di Indonesia.