Dari tahun ke tahun, ada sangat banyak sekali komposer terkenal di dunia dengan karyanya yang tak kalah hebat. Bahkan karya-karyanya tersebut seakan bersaing dengan nama besar sang komposer itu sendiri. Namun uniknya, ada beberapa lagu klasik terkenal yang justru komposernya kurang begitu populer, bahkan ada pula yang tidak mengetahui jika lagu tersebut adalah ciptaan dari sang komposer yang bersangkutan.

Berikut daftar para komposer dengan karya yang mendunia yang namanya sudah mulai ditinggalkan dan menjadi tidak terkenal.

  • Heinrich Ignaz Franz von Biber

Heinrich Ignaz Franz von Biber

Heinrich Ignaz Franz von Biber adalah seorang komposer sekaligus pemain biola terkenal yang lahir di Wartenberg, Republik Ceko pada tanggal 12 Agustus 1644. Banyak karya-karyanya yang terkenal dan mendunia, salah satunya adalah yang berjudul Mistery Sonatas. Sayangnya, nama Biber tidak seterkenal karya-karyanya. Dia tidak begitu popular dan cenderung dilupakan, padahal Biber adalah salah satu komposer biola yang paling tekniknya paling banyak diminati dalam sejarah.

  • Jan Dismas Zelenka

Jan Dismas Zelenka

Jan Dismas Zelinka atau dengan yang memiliki nama baptis Jan Lukáš Zelenka adalah seorang komposer terkenal asal Republik Ceko tepatnya pada era Baroque. Dia adalah salah seorang musisi yang paling diminati karya-karyanya sampai dengan menjadi satu pemusik dengan ‘titah’ yang paling dihormati di Eropa pada zaman dahulu. Sayangnya, justru kini namanya tidak banyak didengar atau diketahui.

  • José Maurício Nunes Garcia

José Maurício Nunes Garcia

José Maurício Nunes Garcia adalah seorang komposer musik klasik asal Brasil dan menjadi salah satu icon musisi klasik di Benua Amerika. Ciri musiknya dipengaruhi oleh banyak komposer assal Viennese seperti Mozart atau Haydn. Sampai sekarang tercatat ada 240 karyanya yang berhasil diselamatkan dan coba terus dipublikasikan agar namanya terus dikenang, namun ada 170 lebih karyanya yang diperkirakan menghilang.

  • Michael Haydn

Michael Haydn

Bernama asli (Franz) Joseph Haydn, Michael Haydn adalah pria Austria yang lahir pada tanggal 31 Maret 2732 dan menjadi salah satu komposer terkemuka di era Classical. Dia juga termasuk salah satu perintis dari musik-musik chamber. Salah satu karyanya yang terkenal adalah “Father of the String Quartet.” Walaupun berperan besar pada dunia musik klasik, namun hanya sedikit saja yang mengenal atau mengetahui kebesaran nama Haydn.

  • John Milton Cage Jr

John Milton Cage Jr

John Milton Cage Jr atau lebih dikenal dengan nama John Cage saja tersebut adalah seorang komposer dari Amerika Serikat. Selain diketahui sebagai seorang komposer, dia juga adalah pembuat teori-teori musik yang patternnya digunakan di seluruh dunia. Walaupun dia dianggap sebagai salah satu perintis dari electroacoustic, non-standart of musical instrument sampai dengan inderteminansi dalam musik, namun namanya kurang begitu populer.

  • Sofia Asgatovna Gubaidulina

Sofia Asgatovna Gubaidulina

Sofia Asgatovna Gubaidulina adalah seorang komposer Tatar-Russian yang lagir pada tanggal 24 Oktober 1931. Tidak banyak riwayat hidupnya yang dipublikasikan, namun dia diketahui sebagai komposer untuk lagu-lagu klasik berirama sendu dengan sisipan nuansa spiritual di dalamnya.

  • Anatoly Konstantinovich Lyadov

Anatoly Konstantinovich Lyadov

Anatoly Konstantinovich Lyadov adalah seseorang yang lahir pada tanggal 30 April 1855 dan menjadi seorang komposer, guru serta konduktor terkenal pada zamannya. Banyak karya-karyanya yang menjadi inspirasi dari komposer lain di era Uni Soviet. Sayangnya saat ini namanya justru kurang begitu terkenal dan banyak karyanya yang tidak lagi diperdengarkan.

Spread the love