Selain film-film kolosal, sejak bertahun-tahun lalu, ada banyak musik-musik klasik yang digunakan baik sebagai back sound atau juga sebagai pengantar suatu adegan pada film kartun. Bahkan beberapa di antaranya adalah musik klasik yang sangat terkenal di dunia. Berikut ini adalah musik-musik klasik terkenal yang sering digunakan dalam film kartun dewapoker.

  • Hungarian Dances #5, #6, #7, #17

Dalam sebuah film kartun keluaran Warner Broos, Looney Toones di serial Merrie Melodies, ada sebuah film pendek berjudul Pigs in a Polka menggunakan lagu klasik berjudul Hungarian Dances #5, #6, #7, #17 ciptaan komposer sekaligus pianis terkenal asal Jerman bernama Johannes Brahms. Karena memang sangat hebat dalam menciptakan sebuah lagu dan nada, Brahms kemudian disejajarkan dengan 2 komposer terkenal lainnya, yaitu Johann Sebastian Bach dan Ludwig van Beethoven.

  • Hungarian Rhapsody No 2

Alunan musik ciptaan Franz Liszt berjudul Hungarian Rhapsody No 2 ini adalah salah satu musik klasik terkenal yang cukup sering digunakan sebagai salah satu bagian dalam film kartun. Mulai dari film kartun keluaran Paramount Picture berjudul A Car – Tune Portrait (1937), Tom & Jerry – The Cat Concerto, Animaniacs sampai dengan salah satu adegan di Looney Toones pernah menggunakan musik tersebut saat nonton streaming online.

  • Kings Row

Jika kamu pernah menonton film Looney Toon yang salah satu scene pendeknya berjudul “Kill th Wabbit,” maka kamu pasti langsung dapat mengetahui lagu yang digunakan. Hanya saja, mungkin kamu hanya pernah mendengarkannya saja, akan tetapi tidak tahu lagu dan siapa komposernya. Lagu tersebut berjudul Kings Row yang dibuat oleh seorang komposer Austria bernama Erich Wolfgang Korngold. Selain di film Looney Toones tersebut, Kings Rabit juga pernah digunakan dalam film berjudul sama, Kings Row pada tahun 1942 yang dibintangi oleh Ann Sheridan, Robert Cummings dan Ronald Reagan. Sekarang ini, lagu Kings Row identik dengan satu film serial paling populer di dunia, Star Wars.

  • The Barber of Seville

Dalam filmnya Bugs Bunny (Looney Toones) yang berjudul Rabbit of Seville juga menggunakan satu lagu klasik terkenal yang berjudul The Barber of Seville – Overture. Lagu tersebut diciptakan oleh Gioachino Rossini dan Cesare Sterbini yang terinspirasi dari sebuah naskah komedi karya Pierre Beaumarchais berjudul Le Barbier de Séville (1775).

  • Flight of the Bumblebee

Memang sekarang ini jarang sekali film-film karya Disney diputar di televisi Indonesia, namun ada satu film yang mengangkat tokoh utama Mickey Mouse dengan judul “Maestro Minnie” menggunakan lagu klasik karya komposer dari Rusia bernama Nikolai Andreyevich Rimsky-Korsakov berjudul Flight of the Bumblebee.

  • Fantaisie-Impromptu in C♯ minor Op posth 66

Pada film Tom & Jerry yang berjudul “Snowbody Loves Me,” yang dirilis pada tanggal 12 May 1964, Chuck Jones selaku direkturnya menggunakan lagu karya Frédéric Chopin berjudul Fantaisie-Impromptu in C♯ minor Op posth 66. Lagu ini diciptakannya pada tahun 1855 dan kemudian banyak digunakan dalam film-film, termasuk film kartunnya Tom & Jerry tersebut.

6 Lagu Klasik Terkenal yang Digunakan dalam Film Kartun

Spread the love