Siapa yang hobi mendengarkan musik klasik? Sejak lama, musik klasik menjadi salah satu aliran yang paling banyak disukai dan dianggap sebagai karya kelas atas. Tak heran jika pertunjukan musik klasik umumnya dikemas dengan sangat mewah dan dihadiri oleh orang-orang yang memiliki selera tinggi. Tapi berkat kecanggihan teknologi saat ini, musik klasik sudah bisa dinikmati oleh hampir semua orang melalui YouTube dan berbagai media lainnya.

Nah, dari sekian banyak komposer musik klasik yang ada, beberapa orang di antaranya sangat dikenal di Indonesia. Karya-karyanya pun sering diperdengarkan dalam berbagai kesempatan, termasuk melalui acara yang disiarkan di televisi. Kalau kamu juga merupakan penggemar musik klasik, coba deh cek apakah komposer favoritmu ada dalam deretan nama berikut ini dominoqq:

  • Johann Sebastian Bach (1685-1750)

Johann Sebastian Bach

Nama Bach sudah tersohor di penjuru dunia sebagai salah satu komposer dan pemain biola terbaik sepanjang masa. Selama masa hidupnya dari tahun 1685 hingga 1750, Bach sudah menciptakan lebih dari 1000 gubahan. Di antara sekian banyak karyanya, ada beberapa yang dianggap sebagai masterpiece dan paling banyak dimainkan ulang, misalnya saja Fugue in D minor, Toccata, dan juga Brandenburg Concerto.

  • Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791)

Wolfgang Amadeus Mozart

Kalau yang satu ini, sudah pasti kamu tahu. Mozart yang memiliki nama lengkap Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart ini dianggap sebagai salah satu musisi klasik asal Eropa yang paling berpengaruh dalam sejarah. Meninggal dalam usia yang masih sangat muda, yaitu 35 tahun di tahun 1791, Mozart sudah menciptakan sekitar 700 lagu yang terdiri dari simfoni, opera, hingga paduan suara. Hampir semua karya Mozart ini dianggap sebagai standar musik klasik terbaik dan masuk dalam katalog Köchel-Verzeichnis yang merupakan buku khusus untuk mengategorikan dan mengurutkan karya-karya Mozart.

  • Ludwig van Beethoven (1770-1827)

Ludwig van Beethoven

Sama halnya seperti Mozart, nama Beethoven juga sangat melegenda. Komposer musik klasik kelahiran Jerman ini terkenal dengan karya-karyanya yang sangat agung, seperti Symphoni number 5 dan juga Fur Elise. Bahkan di masa modern seperti saat ini, banyak sekali orang yang masih bisa mendengarkan karya Beethoven dengan mudah. Menjalani hidupnya sendirian tanpa menikah sampai menutup mata di tahun 1827, Beethoven sempat menjalani masa sulit saat kehilangan penedengarannya di tahun 1817. Meski demikian, ia masih terus menciptakan musik dan bahkan beberapa di antaranya berhasil menjadi karya terbaiknya.

  • Frederic Chopin (1810-1849)

Frederic Chopin

Chopin bisa dibilang sebagai satu-satunya komposer Polandia yang sangat terkenal dan menjadi deretan musisi klasik terbaik dunia. Ia merupakan pemain piano yang sangat berbakat dabn banyak menciptakan simfoni piano solo yang sangat terkenal. Sepanjang kariernya, Chopin banyak dikagumi karena berhasil menciptakan instrumen ballad yang sebelumnya tidak pernah ada.

  • Franz Schubert (1797-1828)

Franz Schubert

Schubert merupakan seorang komposer kelahiran Austria yang sudah menciptakan 600 karya sepanjang hidupnya, sebagian besar di antaranya merupakan permainan piano solo. Tapi ia juga banyak menciptakan opera dan liturgi dengan melodi yang sangat indah. Selama ini, musik Chopin dikenal dengan ciri khas berupa melodi yang sangat teratur dan orisinil.

Spread the love