Memang masih menjadi satu perdebatan yang hebat sampai sekarang ini bahwa ada korelasi dan keterkaitan antara gangguan mental dan kejiwaan dengan pemunculan sisi artistik pada diri seseorang.

Bahkan menurut penelitian seorang ilmuwan bernama Kay Jamison pada tahun 1994 lalu, menyebutkan bahwa memang ada banyak orang yang mengalami depresi dan stres berat atau penyakit mental lainnya, justru mampu membuat satu karya seni yang sangat hebat. Karya-karya seni tersebut sangat beragam, mulai dari gambar sampai dengan musik.

Khususnya di bidang musik, berikut ini ada sejumlah komposer yang memiliki penyakit mental atau kejiwaan, namun karyanya sangat hebat dan terkenal di dunia astra poker. .

  • Modest Petrovich Mussorgsky

Modest Petrovich Mussorgsky

Modest Petrovich Mussorgsky atau Modest Mussorgsky adalah seorang komposer kelahiran Uni Soviet pada tanggal 21 Maret 1839. Dia adalah salah satu anggota dari The Five dan menjadi inovator dari kebangkitan musik-musik klasik di Uni Soviet pada era Romantic. Banyak karyanya yang dimainkan lagi oleh berbagai pihak.

Sayangnya, Mussorgsky mengalami dipsomania atau ketergantungan yang tidak dapat terbendung akan alkohol. Tidak ada informasi yang pasti mengenai kematiannya pada tahun 1886, namun banyak yang menyimpulkan karena masalah pada organ tubuhnya karena terlalu banyak menenggak minuman beralkohol.

  • Josef Anton Bruckner

Josef Anton Bruckner

Josef Anton Bruckner adalah seorang komposer berdarah Austria yang lahir pada tanggal 4 September 1824. Selain sebagai seorang komposer, dia juga seorang pembuat teori musik yang akhirnya dikenal dengan nama simfoni, masses, T Deum dan motets. Dia sangat terkenal di era musik klasik-romantis, terutama di Jerman.

Walaupun sangat terkenal, namun ada masalah pada diri Josef yang terus membelenggunya. Dia memiliki obsesi yang sangat banyak dan membuatnya harus bermasalah pada sistem sarafnya yang akhirnya ‘mendapatkan’ penyakit mental yang disebut Obsessive-Compulsive Disorder (OCD).

  • Louis-Hector Berlioz

Louis-Hector Berlioz

Louis-Hector Berlioz adalah seorang komposer asal Prancis yang lahir pada tanggal 11 Desember 1803. Karya-karyanya yang sangat terkenal antara lain Symphonie fantastique, Benvenuto Cellini, Harold en Italie, Grande messe des morts, Roméo et Juliette, L’Enfance du Christ, Les Troyens dan La Damnation de Faust.

Sayangnya, kepopulernya tersebut harus berhadapan dengan penyakit mental yang dikenal dengan istilah Manic-Depressive atau kini berganti nama menjadi bipolar disorder. Penyakit mental ini membuat seseorang memiliki kepribadian ganda dan Berlioz merasa dirinya terkadang sangat mulia, terkadang sangat terpuruk dan hina.

  • Alexander Nikolayevich Scriabin

Alexander Nikolayevich Scriabin

Alexander Nikolayevich Scriabin adalah seorang komposer sekaligus pianis dari Uni Soviet yang lahir pada tanggal 6 Januari 1872. Karya-karyanya rata-rata dipengaruhi oleh Frédéric Chopin yang bercirikan tone-tone idiom dan tidak harmonis.

Namun ternyata, ketidakharmonisan dalam karyanya tersebut salah satunya disebabkan oleh rasa percaya diri dan pengagungan diri secara berlebihan atau dikenal dengan istilah narsis. Walaupun banyak karyanya yang terkenal, terutama di Uni Soviet, namun Scriabin justru meninggal dengan cara yang tidak elegan, yaitu keracunan.

  • Arnold Franz Walter Schoenberg or Schönberg

Arnold Franz Walter Schoenberg or Schönberg

Arnold Franz Walter Schoenberg or Schönberg adalah seorang komposer Austria-Amerika yang juga seorang penulis, pelukis, guru dan pencipta teori musik. Dia adalah seorang pemusik yang berhasil menciptakan satu metode baru berupa komposisi yang didasarkan pada baris dan seri dari 12 nada-a yang dikenal dengan istilah tanpa nada.

Satu penyakit mental yang dimilikinya adalah Triskaidekaphobia atau sebuah rasa takut akan bilangan 13 dan hari Jumat. Setiap hari Jumat, terutama tanggal 13, Schönberg selalu mengurung diri dan tidak ingin beraktivitas atau berinteraksi dengan siapa saja. Uniknya, justru dia meninggal pada 13 Juli 1951, hari jumat.

Spread the love