Kamu selama ini pasti sudah sering membaca berbagai informasi mengenai manfaat musik klasik untuk kesehatan. Tapi apakah kamu benar-benar mempercayainya atau menganggapnya hanya mitos belaka? Banyak sekali lho, penelitian yang sudah benar-benar membuktikan bahwa mendengarkan musik klasik secara teratur memang terbukti bisa berdampak pada beberapa sisi kesehatan seperti berikut ini bersama dewa poker:

  • Membuat otak bekerja dengan lebih optimal

Membuat otak bekerja dengan lebih optimal

Sebuah penelitian yang dilakukan di Northumbria University Inggris menunjukkan bahwa otak para murid akan bekerja lebih baik ketika ujian jika mereka mendengarkan musik klasik. Dalam penelitian ini, musik yang digunakan adalah karya Vivaldi yang berjudul Spring Concerto. Selama diperdengarkan musik klasik tersebut, para murid bisa menjawab soal ujian dengan lebih cepat dibanding ketika tidak mendengarkan musik sama sekali. Uniknya, otak ternyata juga merespons musik klasik lain yang memiliki alunan sedih seperti Autumn Concerto karya Vivaldi. Saat diperdengarkan musik tersebut, ternyata banyak murid yang mengalami kelambatan dalam menjawab soal.

  • Membantu penderita demensia atau Alzheimer

Membantu penderita demensia atau Alzheimer

Semensia dan Alzheimer merupakan penyakin syaraf yang banyak sekali meyerang orang di usia lanjut. Untuk mencegahnya, kamu bisa mulai mendegarkan musik klasik secara rutin sejak saat ini. Mendengarkan musik klasik terbukti bisa mengembalikan memori-memori indah yang pernag kamu alami sehingga bisa meningkatkan kualias hidup. Hal ini disebabkan musik klasik bisa mempengaruhi banyak sistem pada otak yang dapat membangkitkan sel-sel yang seringkali rusak akibat demensia maupun Alzheimer. Jadi kalau kamu memang tidak ingin terkena kedua penyakit tersebut saat tua nanti, bisa mencoba untuk mengaktifkan sel-sel otak dengan musik klasik mulai sekarang.

  • Membuat tidur lebih nyenyak

Membuat tidur lebih nyenyak

Kamu sering mengalami insomnia? Jika ya, ini saatnya menjadikan musik klasik sebagai terapi rutin yang didengarkan setiap hari. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mendengarkan musik klasik secara rutin terutama beberapa saat sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur dibandingkan jika tidak mendengar musik sama sekali. Hal ini disebabkan alunan musik klasik yang sangat indah bisa membuat tubuh rileks sehingga otak pun beristirahat dengan lebih baik. Saat tubuh rileks dan bisa tidur nyenyak, di keesokan harinya kamu juga akan merasa lebih segar dan siap untuk beraktivitas.

  • Menenangkan saat menyetir

Menenangkan saat menyetir

Bermula dari tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas yang ada di Jerrman, pemerintah kemudian melakukan penelitian yang berkaitan dengan stres saat mengemudi. Hasilnya, ternyata banyak sekali orang yang mengemudi dengan tingkat stres tinggi disebabkan rasa lelah maupun kondisi jalanan yang buruk. Uniknya, saat para pengemudi mendengar musik klasik, secara emosional mereka menjadi lebih tenang dan rilek sehingga bisa menyetir dengan berhati-hato. Pemerintah Jerman pun mengeluarkan sebuah CD khusus untuk para pengemudi yang berisi musik-musik Mozart.

Tak hanya itu saja, musik klasik juga terbukti bisa mengurangi rasa sakit, misalnya ketika mengalami gigi berlubang atau sakit perut. Dengan mendengarkan musik klasik, tubuh jadi lebih rileks dan rasa nyeri pun tidak terlalu mengganggu. Dengan banyaknya manfaat tersebut, yakin kamu mau melewatkan hari tanpa mendengarkan musik klasik?

Spread the love